Regrouping Sekolah Guna Atasi Merosotnya Jumlah Peserta Didik di Sampang

SAMPANG, Jumat (10/8/2018) suaraindonesia-news.com – Merosotanya jumlah peserta didik untuk tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Sampang, disikapi serius oleh pemerintah setempat. Untuk itu, Pemkab Sampang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, berencana melakukan regrouping terhadap belasan sekolah yang minim peserta didik.

Kabid Pembina SD, Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, Mawardi mengatakan, aturan zonasi itu berdasarkan jarak tempat tinggal siswa dengan lokasi sekolah. Akan tetapi dalam aturan Permendikbud No 18 lebih mengutamakan umur sekolah yang lebih tua. Namun, di sisi lain pihaknya menepis bahwa kekurangan peserta didik bukan karena faktor adanya zonasi, melainkan karena memang peserta didik untuk tingkat SD jumlahnya yang semakin berkurang.

“Kekurangan peserta didik itu, juga ada indikasi bahwa program KB berhasil,” ujarnya, kemarin.

Lanjut Mawardi, regrouping atau penggabungan dengan mengutamakan sekolah yang satu halaman kurang lebih sebanyak 13 sekolah. Dengan pagu SD sendiri ada sebanyak 28 siswa per kelas. Namun apabila jumlah pagu tersebut pengisiannya semakin merosot maka tidak menutup kemungkinan sekolah tersebut akan di merger dengan sekolah terdekat.

“Sebenarnya rencana regrouping itu sudah lama, namun hingga sekarang masih terhambat oleh suksesi Pilkada. Dan regrouping itu tujuannya juga untuk efisiensi, jadi gurunya itu bisa didistribusikan ke sekolah yang memang kekurangan guru,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, belasan sekolah yang rencananya diregrouping berada di sejumlah wilayah se Kabupaten Sampang, seperti di wilayah kota diantaranya yakni SDN Karang Dalem 6 yang saat ini muridnya sudah tidak ada lagi, sehingga nantinya akan diregrouping ke SDN Karang Dalam 1.

Kemudian di SDN Karang Dalam 2 dan 3, di wilayah Kecamatan Jrengik seperti SDN Kalangan Perahu 1 dan 2, ada juga satu sekolah di SDN di Kecamatan Ketapang dan begitu juga di sekolah lainnya.

Reporter : Nora/luluk
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here