Gempa 6.4 SR Situbondo, Robohkan Puluhan Rumah di Jember

Anggota kepolisian turut membantu masyarakat yang rumahnya roboh akibat Gempa Situbondo (Foto: Suyono)

JEMBER, Kamis (11/10/2018) suaraindonesia-news.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 SR mengguncang Situbondo – Jawa Timur, tepatnya 61 km timur laut Situbondo, dengan kedalaman 10 kilometer, Kamis (11/10/2018) pukul 01:44 WIB dini hari juga berdampak bagi Kabupaten Jember. Akibat gempa tersebut, dilaporkan sebanyak 24 rumah, 1 ruangan intelkam Polsek dan 1 musholla roboh.

Plt. Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Jember, Ir. Herwan Agus Darmanto mengatakan puluhan bangunan yang roboh tersebut tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Jember.

“Rinciannya di Kecamatan Arjasa ada 2 rumah dan 1 ruangan Intelkam Polsek Arjasa, Kecamatan Sukorambi ada 8 rumah, Kecamatan Mumbulsari 1 rumah, Kecamatan Kaliwates 11 rumah dan 1 musholla, Tempurejo 1 rumah, Patrang sekitar 1 rumah,” urai Herwan kepada para wartawan, Kamis (11/10/2018) siang.

Lebih lanjut, Herwan menjelaskan bahwa para camat di daerah terdampak telah bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Jember. Dari data tersebut, Herwan mengatakan tidak ada korban meninggal.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” sampainya bersyukur.

Herwan juga menyampaikan bahwa pihak Kecamatan lain yang tidak terdampak akan terus memantau kondisi masyarakat.

“Teman-teman Camat terus bergerak untuk mencari info masyarakatnya sehingga diketahui keadaan di masing-masing wilayah. Tak hanya itu saja, Camat-camat juga bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kena gempa tadi malam”, jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Jember, AKBP. Kusworo Wibowo, SH, SIK,MH telah menginstruksikan anggotanya untuk membantu masyarakat yang rumahnya roboh akibat gempa.

“Bila ada yang rusak akan diadakan kerja bhakti untuk meringankan beban warga,” ujar Kapolres Kusworo.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here