Berikut Program Utama Musrenbang 2018 Jember

oleh -312 views
Bupati Jember saat memberikan penjelasan para Musrenbang RKPD 2018 (Foto : Humas for Suara Indonesia News)

JEMBER, Kamis (29/3/2018) suaraindonesia-news.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Jember yang melibatkan semua pemangku kepentingan dalam Musrenbang kali ini. Seperti olahragawan, seniman, pondok pesantren, guru, tokoh agama dan kelompok difabel pada tahun ini difokuskan pada pengembangan sektor pariwisata dan kemandirian ekonomi rakyat.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menguraikan beberapa program untuk mendukung kedua target tersebut di antaranya menuntaskan penyediaan taman-taman publik yang lengkap dengan sarana olahraga serta fasilitas bagi UMKM, tak lupa juga tempat untuk acara shalawat massal. Selain itu, Faida memprogramkan revitalisasi pasar-pasar tradisional agar berstandar nasional.

“Kami akan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah provinsi, agar bagaimana pasar-pasar di Jember ini sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), supaya pasar di Jember bisa menjadi kebanggaan kita,” tutur Faida usai Musrenbang tingkat Kabupaten di Aula PB. Soedirman, Gedung Pemkab. Jember, Kamis (29/3/2018).

Untuk mencapai perekonomian mandiri, program lainnya yang telah dipersiapkan adalah realisasi program warung berjaringan dimana konsep jejaring ini akan dikelola oleh masyarakat yang tidak kalah saing dengan toko swalayan maupun waralaba berjaringan.

“Sehingga demi menyukseskan fokus program tersebut seluruh pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan, juga harus memprioritaskan pada akses destinasi wisata dan pasar,” imbuh Faida.

Baca Juga: Jember Dapat 60 Ribu Blanko e-KTP 

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember, Tjahjo Widodo, mengapresiasi sejumlah program yang dipaparkan Bupati Jember. Menurut dia, apa yang disampaikan menunjukkan bahwa konsep yang digunakan Bupati Faida dalam membangun Jember adalah konsep integrasi, baik dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat, maupun sektor swasta. Oleh karenanya dia berharap, program-program tersebut dapat menjadi jembatan untuk menyejahterakan rakyat di kabupaten yang dikenal sebagai penghasil tembakau cerutu ini.

“Bahkan tadi juga disampaikan sarana dan prasarana bakal ditingkatkan, antara lain pasar rakyat, pasar tradisional yang ber SNI, yang ini juga menjadi programnya Bapak Jokowi, Presiden RI,” kata Tjahjo Widodo, yang hadir mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

TjahjoWidodo juga menyatakan, bakal mendukung serta mendorong program-program yang telah dicanangkan Pemkab Jember. Bahkan, jika diperlukan, pihaknya siap mendampingi pemerintah daerah untuk mewujudkan program riil yang dinilainya bertujuan menyejahterakan rakyat serta mengentaskan kemiskinan tersebut.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan