Wow!!, Undangan BST Di Desa Bantal Disertai Sticker Paslon 02

oleh -86 views
Salah satu warga saat menunjukka undangan BST tahap 8 yang disertai sticker Paslon 02.

SITUBONDO, Jumat (13/11/2020) suaraindonesia-news.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) di salah satu di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, diduga ditunggangi politik.

Sebab, saat menyebarkan undangan, ada oknum yang mengarahkan agar para penerima untuk memilih salah satu dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Semua itu terungkap dari undangan saat penyaluran BST pada tahap ke-8. Dimana pada undangan tersebut oleh oknum disertai sticker salah satu paslon.

Kuat dugaan, undangan penerimaan BST tersebut disebar oleh istri Ketua RT di wilayah itu.

“Bu RT yang membagikan undangan BST yang ada stickernya paslon 02 (Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi). Bahkan, Bu RT itu bilang harus memilih gambar yang ada di sticker itu,” beber warga Bantal yang namanya tidak bersedia disebutkan, Jumat (13/11).

Ia mengaku, tak hanya dirinya yang mendapatkan undangan penyaluran BST dari Kemensos RI yang disertai stiker paslon 02, namun semua penerima yang tinggal di wilayah itu.

“Katanya bu RT, arahan agar memilih paslon 02 itu, karena diminta Kepala Desa Bantal,” imbuhnya.

Menyikapi hal itu, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Situbondo, Fitrianto mengaku bahwa Bawaslu Kecamatan Asembagus masih melakukan penelusuran tentang adanya dugaan pelanggaran tersebut.

“Teman-teman pengawas mendapatkan informasi berdasarkan temuan yang ada. Ini menjadi informasi awal untuk dilakukan investigasi atau penelusuran,” jelas Fitrianto.

Jika laporan hasil pengawasan (LHP) memenuhi unsur formil dan materil, maka secara otomatis akan menjadi temuan Bawaslu, berdasarkan hasil pleno.

“LHP itu hasil dari penelusuran. Jika LHP memenuhi unsur formil dan materil maka itu menjadi temuan berdasarkan pleno,” tegasnya.

Reporter : Ugik
Editor : Amin
Publiser : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *