Wisata Bahari Karangjahe Raih Posisi 5 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019

Salah satu tempat wisata di Desa Punjulharjo Kabupaten Rembang Jateng yang meraih posisi 5 besar.

REMBANG, Sabtu ( 30/11/2019 ) suaraindonesia-news.com – Direktorat Jendaral (Ditjen) Kemendesa RI akhirnya mengumumkan pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019. Salah satunya Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jateng, yang akhirnya meraih posisi 5 besar nasional.

Kepala Dinbudpar Rembang Dwi Purwanto menjelaskan, banyak indikator dalam penilaian sehingga Karangjahe bisa masuk lima besar nasional. Pertama adanya kepedulian masyarakat setempat bersama-sama mengembangkan potensi wisata.

Keberhasilan wisata bahari Karangjahe meraih posisi 5 besar nasional dalam ajang Desa wisata Nusantara merupakan buah kerja sama yang sinergis antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) serta pemerintah Desa Punjulharjo.

“Penilaian terakhir dilakukan pada Kamis kemarin, dan karangjahe berhasil menembus lima besar nasional.dan berhasil mengalahkan perwakilan dari puluhan destinasi wisata lainnya,” terang Dwi.

Dwi Purwanto menambahkan, atas capaian tersebut Karangjahe mendapatkan apresiasi berupa kucuran anggaran sebesar Rp 400 juta. Dana apresiasi tersebut rencananya akan diwujudkan dalam bentuk fisik berupa homestay untuk wisatawan.

Lomba Desa wisata nusantara tahun ini diselenggarakan oleh Kemendes untuk mengetahui serapan alokasi dana Desa yang digunakan untuk menunjang pengembangan Desa wisata, hasil pengembangan tersebut diukur melalui peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa yang bersumber dari BUMDes.

Selain itu, ada juga peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan wisata, peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta sinergitas antara pemkab Rembang dan pemerintah Desa Punjulharjo.

Pengelola bidang unit usaha BUMDes ABIMANTRANA Desa Punjulharjo Ali Mustofa Mengaku, sangat bersyukur dengan capaian tersebut. namun tidak untuk berbangga diri dahulu, terkait Desa Punjulharjo menjadi juara 5 besar tingkat nasional.

Awalnya Desa Punjulharjo mengajukan beberapa unit usaha salah satunya pantai karangjahe, pengelolaan pamsismas dan situs perahu kuno.

Tetapi dalam tema yang lebih dominan adalah pengelolaan pantai karangjahe, terkait pantai karangjahe bisa membawa hasil dan meraih juara 5 tingkat nasional.

“Harapan kedepan untuk pengembangan Desa wisata ini lebih ditingkatkan lagi, terkait manajemen atau pengelolaannya untuk pengembangan kedepan dan kesejahteraan masyarakat Desa Punjulharjo,” pungkasnya.

Reporter : Minan
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here