Waspadai Penipuan Dengan Modus Sewa Villa Dan Kamar Hotel Melalui Online

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Menjelang  Liburan sekolah, Natal dan tahun baru, di kota Batu, kini  mulai muncul penipuan dengan modus baru  dengan sewa villa  dan kamar hotel melaui  pesanan online, ternyata  kejahatan yang menyaru sebagai tamu, tidak lain adalah komplotan malaing.

Kapolres Batu AKBP Decky Hendarsono, kepada Wartawan, Senin (21/12/2015) meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai terhadap kejahatan yang menyaru sebagai tamu dan  ia juga Batu mengingatkan pengelola vila dan hotel untuk lebih berhati-hati dalam masa liburan sekolah, Natal dan tahun baru ini.Karena  ditengah hiruk pikuk kunjungan wisata, dimungkinkan juga terjadi kriminalitas.

“Salah satu modus baru kejahatan terjadi di villa adalah pelaku kejahatan menyaru sebagai tamu. Ternyta mereka adalah  Komplotan maling,  Komplotan ini menggunakan fasilitas pemesanan villa dan pemesanan kamar hotel  melalui online, hingga pemilik villa tidak meminta identitas penyewa” kata Decky.

Menurutnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik Villa hendaknya  meminta identitas atau bukti diri, hal ini dimaksudkan untuk menghindari kriminalitas.

Komplotan maling sewa villa yang ditangkap petugas beberapa hari lalu, kata dia,  Beberapa saat tinggal di villa ini, komplotan maling mengambil 4 unit televisi berukuran besar tanpa sepengetahuan pemilik villa. Beruntung, pemilik vila segera mengetahui kalau televisinya diambil maling dan segera melaporkan ke polisi.

“Hati-hati dengan kejahatan modus baru, kita berhasil ungkap orang menyewa villa, namun pergi tanpa pamit sambil membawa beberapa unit televisi, kita masih mengembangkan kasus kejahatan ini,” ujar Kapolres Batu, AKBP Decky Hendarsono.

Dari Pantauan Polisi, pihaknya melihat banyak pengelola villa melakukan transaksi online, namun tidak diimbangi dengan meminta identitas tamu saat menginap.

“Rata-rata pemilik villa tergiur pembayaran penuh,” ujarnya.

Ia memuji kecepatan laporan satpam, sehingga polisi bisa segera mengambil tindakan dan berhasil menangkap komplotan ini (adi Wiyono)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here