Waspada Penyakit Kangker Leher Rahim, UPT Peskesmas Legung Adakan Penyuluhan

Tengah H. Syamsuri Kepala UPT Puskesmas Legung

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Guna memberikan pengenalan dan pencegahan penyakit Kanker Serviks, UPT Puskesmas Legung, Sumenep, Madura, Jawa Timur, adakan penyuluhan kesehatan. Rabu (04/11/2015).

Acara yang di adakan di Aulah pertemuan UPT Puskesmas Legung tersebut di ikuti peserta BPJS di 7 Desa Wilayah kerja UPT Puskesmas Legung.

Kepala UPT Puskesmas Legung H. Syamsuri mengatakan bahwa, tujuan dari penyuluhan ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tanda-tanda penyakit Kanker leher rahim atau HPV dan cara pemeriksaannya, sehingga masyarakat nantinya bisa tau kalau dirinya kenak penyakit Kanker Leher Rahim dan memberikan penjelasan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah peserta sebagian banyak yang faham dan hampir seluruh peserta yang mendaftarkan diri minta untuk di periksa, sehingga kami membuat jadwal mulai besok sampai hari sabtu untuk memeriksa masyarakat kenak penyakit Kanker  Leher Rahim apa tidak,”kata Syamsuri.

Syamsuri menjelaskan, penyebab dari penyakit Kanker leher, disebabkan karena gaya hidup tidak sehat, menikah usia dini, ibu yang melahirkan banyak anak dan perempuan dengan banyak pasangan. salah satunya dari kebersihan yang kurang pada tubuh kita terutama alat kelamin  pada wanita karena penyakit Kanker leher rahim menyerang pada wanita.

“Untuk menanggulangi penyakit Kanker leher rahim badan kita harus bersih dari kotoran terutama celana dalam dan CD itu jangan sampai basah karena itu penyebab dari penyakit Kanker leher Rahim, hususnya para ibu-ibu harus menjaga dari kebersihan,”jelasnya.

Syamsuri juga menjelaskan, apabila penyakit Kanker Leher Rahim tidak teratasi, maka mengakibatkan kematian pada wanita karena mengancam kaum perempuan.

“Jumlah kematian yang di timbulkan penyakit kanker ini terus menunjukkan peningkatan setiap tahun, bahkan kanker leher rahim telah menjadi pembunuh perempuan nomor dua dari kanker panyudara,”terang Syamsuri.

Syamsuri berharap dengan adanya penyuluhan ini agar masyarakat bisa menjaga kebersihan dan memeriksa ke puskesmas-puskesmas yang ada untuk mengetahui apakah dirinya terkena penyakit Kanker leher rahim apa tidak.tukasnya.(liq).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here