Warga Ramai-ramai Tangkap Dua Oknum Petugas PJU yang Diduga Sebagai Pencuri Accu Lampu Jalan

Dua Orang yang Diduga Sebagai Pencuri Accu Lampu.

KOTA BATU, Sabtu (15/9/2019) suaraindonesia-news.com – Warga Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur, Sabtu (15/9/2019) siang ramai-ramai menangkap dua orang oknum petugas Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batu yang diduga sebagai pelaku pencurian accu lampu jalan bertenaga surya.

Lantaran Dua orang oknum petugas PJU yang berpura-pura melakukan perbaikan atau pergantian lampu jalan dengan menggunakan mobil PJU ternyata tidak dilakukan, mereka malah mengambil accu lampu hingga menyebabkan lampu jalan bertenaga surya di kawasan Jalan Pura Giri Arjuno sepanjang tiga kilometer banyak yang mati.

Kuswinanto Warga Junggo yang ikut dalam penangkapan mengatakan bahwa dua orang yang ditangkap warga itu bukan tanpa alas an, sebab ketika mereka ditangkap dengan mengelak melakukan perbaikan lampu jalan ternyata malah lampu tersebut mati karena accu yang menjadi sumber energinya hilang dicuri oleh oknum petugas PJU .

“Setiap mereka ke Jalan Pura Giri Arjuno dengan melakukan perbaikan lampu jalan, malah lampu jalan yang sudah sempurna itu mati, karena accunya diambil. Warga jengkel karena sudah dilakukan beberapa kali, setidaknya sekarang ini ada 17 titik lampu jalan yang mati tanpa accu,” kata Kuswinanto yang juga diamini oleh Suparman.

Menurutnya, karena banyaknya lampu jalan yang mati, akhirnya warga banyak yang nyanggong untuk melakukan penangkapan terhadap oknum petugas PJU. Tepat Sabtu (15/9/2018) siang, melihat petugas yang pura-pura melakukan perbaikan lampu tetapi malah mengambil accu akhirnya warga langsung melakukan penangkapan.

“Selain itu ditanya warga kalau dirinya mengaku tidak membawa surat tugas, dan juga mengaku accu diambil karena mau diganti yang baru. Warga tidak percaya sebab selama ini tidak dilakukan pergantian accu yang baru, dibiarkan begitu saja akhirnya warga menangkapnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Tulungrejo Suliono membenarkan penangkapan yang dilakukan oleh warga terhadap dua orang oknum petugas PJU yang diduga melakukan pencurian accu lampu jalan.

“Benar tadi siang, warga melakukan penangkapan, dan sekarang sudah kami serahkan kepada petugas Polsek Bumiaji untuk diporoses sesuai peraturan yang berlaku, warga jengkel karena accu yang menjadi sumber energinya itu terus hilang,” kata Suliono.

Sementara itu petugas dari Polsek Bumiaji belum bisa dikonfirmasi terkait penangkapan dua oknum petugas PJU yang ditangkap warga, sumber dari Polsek menyebut kasusnya sekarang ini dilimpahkan ke Polres Batu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here