Warga Kecamtan Pengarengan Harapkan Bantuan Air Bersih

oleh -31 views
Pengumuman Calon Dirut PDAM

Sampang, Suaraindonesia-News.Com- Air bersih masih menjadi masalah serius bagi warga di Pangarengan, Kabupaten Sampang. Diperkirakan sekitar 70-80 persen warga Pangarengan membeli air dari tangki. Harganya pun mencekik, mencapai Rp105.000 hingga Rp110.000 per tangki.

“Gimana lagi, mau tidak mau harus beli. Karena air menjadi masalah serius bagi warga di sini dan juga menjadi kebutuhan sehari-hari yang vital bagi kami,” ujar warga Desa Pengarengan, Helmi kepada suaraindonesia-mews.com, kemarin.u

Helmi mengatakan, seharusnya air bersih merupakan prioritas pembangunan. “Boleh bangun yang lain seperti jalan raya, jembatan, gedung, tetapi air itu vital bagi masyarakat. Kalau listrik tidak ada, warga masih bisa cari alternatif lain, tetapi kalau air tidak ada, itu sangat susah bagi warga,” tutur Helmi.

Menurut Helmi, untuk 5000 liter air tersebut, akan habis di gunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam waktu satu minggu. Ia pun berharap, pemerintah setempat bisa segara bertindak membantu pemenuhan air bersih bagi warga.

Lebih lanjut Helmi menjelaskan, Karena  susah harga air bersih pun meroket. Maka untuk memenuhi kebutuhan air, warga harus membeli air seharga Rp105.000 hingga Rp110.000 rupiah per satu tangki dengan kapasitas 5000 liter. Warga yang tidak mempunyai bak penampung di rumah, lebih menderita lagi. Karena mereka mesti membeli air dengan ukuran drum.

“Kalau harapan kita, semoga ada bantuan air bersih dari pemerintah secepatnya. Meskipun tidak setiap hari, biar masyarakat lebih ringan,” harapnya.

Hal yang lebih memberatkan bagi warga yang tengah mempunyai hajat. Seperti pernikahan atau selamatan. Mereka pun harus mengeluarkan biaya ekstra hingga tiga kali lipat untuk membeli air. “Karena kebutuhan konsumsi air memang banyak jika kita punya hajatan. Tentu biayanya membengkak 3 kali lipat”, pungkas Helmi. (nor/luk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *