Warga Desak Perbaiki Jalan, BPBK Abdya Tinjau Ke Lokasi

Reporter: Nazli Md

Abdya, suaraindonesia-news.com – Petani perkebunan yang ada diwilayah Desa Panton Raya Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta pemerintah melalui pihak terkait untuk memperbaiki jalan produksi Sipiyoh menuju perkebunan rakyat dikawasan setempat.

Burhanuddin salah seorang warga menyebutkan, jalan produksi yang telah dibangun itu kini kondisinya telah hancur akibat banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

“Kami sangat mengharapkan jalan ini dapat dibangun lagi,”sebutnya kepada suaraindonesia-news.com. Sabtu (18/6).

Disebutkannya, jalan dipergunangan yang dibangun melalui aspirasi anggota DPRK Abdya itu merupakan satu-satu akses tercepat bagi warga menuju ke perkebunannya. Untuk itu, dirinya bersama masyarakat lain sangat berharap untuk segera dilakukan perbaikan jalan tersebut dengan menambahkan bebarapa pengamanan tebing, sehingga jalan tersebut tidak ambruk lagi.

Hal senada juga disebutkan Keuchik (Kepala Desa) Panton Raya, Insafuddin. Menurutnya, jika jalan tersebut tidak segera diperbaiki maka dikuatirkan masyarakat akan semakin sulit menuju ke kebunnya,”Kita harapkan harus dibangun segera,”sebutnya.

Diakuinya, pihaknya selaku aparatur gampong telah berulang kali mengajukan permohonan berupa proposal kepada dinas terkait. Namun, hingga saat ini tidak ada tanggapan serius dari pihan dinas,”Beruntung pihak BPBK Abdya ada melihat kondisi jalan ini,”imbuhnya.

Dia berharap, nantinya apabila benar jalan tersebut akan dibangun harus dengan perencanaan yang matang,”Jangan dibangun dipinggir sungai seperti yang sudah ada, itu mubazir saja karena akan mudah dibawa arus sungai,”sebut Insafuddin.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (PBBK) Abdya, Amiruddin SPd melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Ratno Juarsa disela-sela peninjauan langsung kelokasi jalan itu mengakui, dirinya sangat prihatin dengan kondisi jalan tersebut,”Kita akan laporkan masalah serius ini kepimpinan,”sebutnya.

Dijelaskan Ratno, pihak BPBK sesuai dengan tupoksinya hanya bisa menanggani yang hal-hal darurat yang disebabkan oleh bencana. Namun, untuk pembangunan secara permanen dirinya mengakui akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

Pada kesempatan itu, Ratno mengharapkan kepada keuchik Desa Panton Raya untuk segera mengajukan permohonan perbaikan jalan tersebut kepada pihak terkait,”Harus segera dibuat permohonannya, BPBK hanya akan menanggulangi secara darurat saja,”jelasnya singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here