Walikota Batu Persilahkan Tempat Ibadah Digunakan Lagi Asal Kantongi Surat Aman dari Satgas Covid-19

oleh -343 views
Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, Jumat (5/6/2020) suaraindonesia-news.com – Walikota Batu Dewanti Rumpoko mempersilahkan kepada umat beragama untuk menggunakan lagi tempat ibadahnya, asal tempat tersebut dinyatakan aman dari covid-19.

Kabag Humas Pemkot Batu Santi Restuningsari mengatakan bahwa berdasarkan lampiran Keputusan Walikota Batu Nomor : 148.a5/2O7 /KEP / 422.012 /2O2O Tanggal .4 Juni 2O2O, Mulai 8 Juni 2020 tempat ibadah yang ditutup sementara akibat Covid-19, boleh digunakan lagi untuk ibadah berjemaah.

“Tapi ada persyaratan yang wajib dipenuhi yakni tempat ibadah tersebut harus dilengkapi surat keterangan bahwa kawasan/lingkungan rumah ibadahnya aman dari COVID-19,” kata Santi saat dihubungi, Jumat (5/6/2020).

Tempat ibadah yang digunakan, kata dia selain menyiapkan infrastruktur sesuai protokol kesehatan, Rumah ibadah yang beroperasi adalah yang lingkungannya dinyatakan zona hijau.

“Tempat ibadah nantinya memperoleh surat keterangan (suket) aman dari corona dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Artinya tidak semua rumah ibadah boleh dibuka,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mendapatkan suket aman, Pengurus rumah ibadah mengajukan permohonan surat keterangan bahwa kawasan/ Iingkungan rumah ibadahnya aman dari COVID-l9 secara berjenjang kepada Ketua Gugus Kecamatan/Daerah sesuai tingkatan rumah ibadahnya.

“Rumah ibadah yang berkapasitas daya tampung besar dan mayoritas jemaah atau penggunanya dari luar kawasan/lingkungannya. dapat mengajukan surat keterangan aman COVID-19 langsung kepada Walikota sesuai tingkatan rumah ibadah tersebut,” ungkap Santi.

Selain itu lanjut dia, pengurus, menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area rumah ibadah, melakukan pembersihan dan desinfeksi secara berkala di area rumah ibadah.

“Dan Menyediakan fasiitas cuci tangan/sabun/hand sanitizer di pintu masuk dan pintu keluar rumah ibadah,” pungkasnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *