Wakil Gubernur Jambi Membuka Secara Resmi Rakorwasda Inspektorat Se-Provinsi Jambi

Reporter: Inro
Jambi, Kamis (22/12/2016) suaraindonesia-news.com – Rapat koordinasi  pengawasan daerah (Rakorwasda) se-Provinsi Jambi dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar Kamis (22/12) di Aula Inspektorat Provinsi.

Turut mendampingi Kepala Inspektorat Jambi, Hefni Zen,  mewakili Kapolda Jambi, Irwasda  Muklis A.S, Mewakili Kajati Jambi,  Teuku rahman,SH, MH, Aswas, Ombusman perwakilan Jambi, Taufik Yasak.

Dikatakan Fachrori Umar, sebagai komitmen untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi yang lebih baik dalam pengawasan, dalam bentuk pengendalian intern.

“Perlu juga menyepakati tugas-tugas pengawasan di tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten Kota sesuai dengan kewenangan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan,”jelasnya.

Kegiatan Rakorwasda ini mempunyai makna penting sangat strategis guna membahas berbagai hal yang dihadapi oleh pemda khususnya Pemprov Jambi.

“Khususnya pada pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah, sehingga dapat diwujudkan yang akuntabel mencegah akan korupsi serta kualitas pelayanan publik,”ujarnya.

Peran yang efektif dari aparat pengawas intern pemerintah (APIP) sangat penting dalam menjamin penyelenggaraan urusan pemerintahan dilaksanakan secara tertib, efisien dan efektif.

Sementara itu ditambahkan Hefni Zen, permasalahan pembangunan yang semakin kompleks saat ini menuntut aparat pengawas untuk tidak hanya membantu mengawasi dari kinerja pemerintah.

“Kinerja dari Inspektorat itu mempunyai peranan sebagai pengawasan dan pengendalian, harus mengedepankan sifat kemitraan, memberikan pemberian jaminan kepastian, masukan yang berrguna dan independen serta obyektif,”tegasnya.

Koordinasi pengawasan penyelenggaraan daerah merupakan suatu keharusan dan kebutuhan bagi aparat pengawas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here