Wabup Jember : Rumah Warga Pun Jadi Sasaran Menginap Para Penonton JFC

Wabup Jember, Muqit Arif saat memberikan sambutan pada lauching JFC ke 18 bertema ‘Tribal Grandeur’ (Foto: Humas Pemkab Jember)

JAKARTA, Kamis (28/2/2019) suaraindonesia-news.com – Perhelatan akbar karnaval tertaraf internasional, Jember Fashion Carnaval selalu mengundang antusiasme yang besar dari dunia. JFC akan kembali digelar pada 31 Juli hingga 4 Agustus 2019 dengan mengangkat tema ‘Tribal Grandeur’ yaitu keagungan suku-suku bangsa di dunia dan akan diikuti oleh 6000 peserta, ratusan ribu penonton dan diliput ribuan media massa baik lokal maupun mancanegara.

Antusiasme sebesar itu menurut Wakil Bupati Jember, KH. Muqit Arif telah mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Jember dari berbagai sektor. Dia menjelaskan bahwa banyaknya penonton yang datang sampai menghabiskan seluruh kamar hotel yang tersedia di Jember.

“Kami merasa kewalahan sekali untuk menampung turis-turis yang datang ke Jember, sampai turis-turis tersebut menginap di rumah-rumah warga, bahkan mereka juga menginap di luar kota terdekat dengan Jember seperti Lumajang, Bondowoso, dan Banyuwangi,” terang Muqit kepada awak media pada peresmian JFC 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar Jakarta, Selasa malam (26/2/2019).

Wabup Jember menilai dengan adanya ‘homestay dadakan’ yaitu rumah warga yang dijadikan sasaran menginap para penonton JFC tersebut juga membantu peningkatan ekonomi kerakyatan di Jember.

Baca Juga: 6000 Peserta Akan Meriahkan JFC 2019 

“Sebelumnya, kami belum mempersiapkan masyarakat kami mengenai akomodasi ini, bagaimana hospitality, higienis hingga makanan yang disajikan untuk tamu karena tidak menyangka gaung JFC akan sebesar ini,” jelasnya.

Dia telah memerintahkan Dinas Pariwisata juga Dinas Kesehatan untuk melatih tentang hospitality maupun tingkat higienis supaya para tamu merasa nyaman.

“Kemarin penyuluhannya sudah mulai dilaksanakan,” ungkapnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here