Wabup Jember Minta Santri Kembangkan Potensi SDM

oleh -17 views
Wabup bersama santri di Pameran UMKM Santri Milenial (Foto: Humas Pemkab Jember).

JEMBER, Selasa (22/10/2019) suaraindonesia-news.com – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 5 tahun 2019, menjadi momentum untuk kebangkitan santri milenial, terutama dalam mengembangkan sumber daya manusianya yang dimiliki.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief saat membuka Pameran Hari Santi di Gedung Eks BHS Selasa (22/10/219).

“Dulu, tidak sedikit santri ketika pulang ke rumah atau boyong dan terjun ke masyarakat tidak banyak memiliki keterampilan. Bekal yang dimiliki hanya bekal keimanan dan ketakwaan. Padahal di era seperti saat ini, kita juga dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai keagamaan,” ujar Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief.

Wabup yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini juga tidak memungkiri jika masih banyak alumni pondok pesantren yang sampai saat ini hanya sebagai perumus madrasah, musala dan masjid.

Namun tentunya dengan kemajuan zaman, alumni pesantren juga bisa terjun menjadi pengusaha, kegiatan sosial maupun birokrasi.

“Kalau peringatan Hari Santri kita gelar dengan acara seremonial saja, tidak akan memberikan dampak yang luas bagi santri. Tapi harus diisi dengan pembangunan kehidupan. Salah satunya dengan menyelenggarakan pameran hasil karya Santri seperti yang digelar pada hari ini,” ujarnya.

Wabup juga mengapresiasi keterlibatan beberapa pesantren dalam pameran yang digelar hari ini, sehingga hal ini menunjukkan kalau pesantren saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman, walau masih ada beberapa potensi yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

“Kami sangat senang dan bangga, ada beberapa outlet milik pesantren yang ditampilkan hari ini memiliki produk yang marketable, dan layak untuk dipasarkan di toko-toko modern. Ada beberapa yang sudah bagus juga tapi belum dilengkapi perizinannya. Untuk itu nanti hal-hal seperti ini akan kami tindak lanjuti dengan meminta dinas terkait untuk membantu prosedurnya,” pungkas Wakil Bupati Muqit.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *