Wabup Jember Apresiasi Langkah Camat Puger Berdayakan Istri Nelayan dengan Membatik

oleh -40 views
Pemberian sertifikat tanah dan asuransi bagi para nelayan bertempat di aula kecamatan Puger. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Sabtu (7/12/2019) suaraindonesia-news.com – Guna meningkatkan kesejahteraan bagi para nelayan, Camat Puger Moh. Winardi memberikan pelatihan membatik kepada para istri nelayan. Langkah ini mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief.

“Saya lihat tadi hasilnya cukup bagus dan ini sangat tepat sasaran, dan saya tadi bertanya kepada ibu-ibu yang sedang membatik bahwa mereka sangat senang sekali, nampaknya bukan hanya dari aspek ekonomi namun mereka bisa mengisi waktu luang dan informasinya sudah mendapatkan orderan sebanyak 640 kain batik,” kata Wabup Jember Muqit, Sabtu (7/12).

Program ini merupakan instruksi dari Bupati Jember supaya istri para nelayan juga produktif.

“Dengan kegiatan ini, istri nelayan juga mendapatkan penghasilan untuk kehidupan sehari-hari, juga sebagai antisipasi ketika musim paceklik atau pancaroba para nelayan tetap bisa memperoleh pendapatan dari batik ini,” kata Camat Puger, Winardi.

Saat ini total ada 65 orang istri nelayan yang mengikuti pelatihan membatik ini, sementara pelatihnya didatangkan dari Bondowoso Jawa Timur.

“Untuk motif batiknya ada biota laut, kehidupan para nelayan selanjutnya menjadi ciri khas batik Puger,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *