Wabup Abdya: Sedekah Tidak Mesti Dengan Uang, Bisa Senyum, Bisa Dengan Darah

oleh -27 views
Wakil bupati Abdya Muslizar. MT didampingi kadis kesehatan Safliati serta guru saat melakukan cek darah oleh petugas kepada siswa clas III disekolah setempat.

ABDYA, Senin (11/11/2019) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 dinas kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan Pemeriksaan golongan darah tingkat sekolah menengah atas (SMA) diwilayah setempat.

Wakil bupati Abdya Muslizar, MT, dalam sambutannya menjelaskan, pada siswa- siswa bahwa dulu disaat kesekolah kami membawa parang, pulang sekolah memotong rumput, untuk makan kerbau bersama teman – teman.

Sambungnya wabup, tidak sebagai mana kalian sekrang, kesekolah begitu masuk pintu sekolah sudah ada yang sambut dipintu gerbang ditambah dengan sarana prasarana sudah lengkap seperti, kursi, meja bagus, tas ada yang diberikan disekolah, hingga ke sepatu.

“Waktu kami sekolah dahulu tidak ada diberikan demikian,” ujarnya.

Selanjutnya, yang akan di sampaikan sekarang adalah tempat dan kondisi itu bukan suatu ukuran tempat kita sosialisasi.

“Tempat situasi atau sarana prasarana itu tidak menentukan kita sukses, tapi sukses itu bisa diraih dengan bersungguh sungguh, insya Allah kita sukses,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, ia menghimbau pada anak- anak, dengan sarana prasarana, dengan dukungan anggaran pemerintah kalian harus lebih berkembang dari kami.

“Harapan kami, jangan mengotori nama sekolah jaga nama baik sekolah, tujuan kalian kesolah adalah untuk di didik menjadi pemimpin dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Ia juga menghimbau, untuk menghindari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba, pelanggaran hukum, katakan tidak pada narkoba.

“Karna narkoba itu bisa dikatakan nenek moyang kejahatan,” tuturnya.

Dikesempatan itu, Wabup Muslizar juga menyebutkan, sehat itu dimulai dari diri kita, apabila tubuh kita sehat maka terdapat jiwa yang waras.

“Donor darah itu tidak bermanfaat pada semua orang saja, tapi bagi pendonor darah tubuh kita sehat kemudian orang bisa selamat, kita juga dapat pahala dari Allah SWT karna kita menolong sesama, artinya sedekah tidak mesti dengan uang, bisa senyum, bisa dengan darah dan bisa lain sebagainya, jangan takut pada jarum suntik,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, wabup Muslizar berpesan, kepada adik siswa – siswa untuk menghargai orang tua, hargai para guru karna posisi orang tua sama seperti guru mendidik.

Pantauan awak media, kegiatan HKN ke-55 tersebut dilaksanakan di SMA Negeri V Abdya yang dihadiri Wakil Bupati Muslizar. MT, Kadis kesehatan Safliati, SST. M.Kes, sekretaris Satpol PP, Nazaruddin, kepala sekolah dan guru serta yang lainnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *