Wabah Demam Berdarah Serang Junrejo, Belasan Orang Terjangkit, Satu Meninggal Dunia

oleh -124 views
Petugas dari Dinas kesehatan melakukan foging di Junrejo RW 5, kota Batu.

BATU, Senin (3/8/2020) suaraindonesia-news.com – Belasan orang warga Jalan Hasanudin RW 05 Dusun Jeding, Desa/ Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, terserang wabah Demam Berdarah Dangue (DBD). Wabah yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk malaria atau aedes aegypti itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Menurut informasi warga setempat, korban yang meninggal dunia berinisial R perempuan16 tahun, sementara adiknya yang juga terserang DBD, kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Ya memang benar di daerah RT ini ada beberapa warga yang terserang Demam berdarah, dan ada yang meninggal satu orang,” kata Kepala Dusun Jeding, Efendi, Senin (3/8/2020)

Menurut Pendik panggilan akrab Efendi, bahwa Saat ini mereka yang tertular yang merupakan adik korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjelani perawatan, sementara kedua orang tua korban dalam keadaan sehat fal afiat.

Adapun merebaknya penyakit demam berdarah ini mulai terdeteksi sejak beberapa pekan lalu. Beberapa warga yang memiliki gejala demam, saat itu langsung dilarikan ke rumah sakit. Hasilnya, ada belasan warga yang dinyatakan positif demam berdarah.

Dengan fakta ini warga dan Dinas Kesehatan kota Batu berinisiatif melakukan pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk. Hal ini dilakukan dengan fogging atau pengasapan di rumah-rumah penduduk dan pekarangan.

“Pengasapan ini dilakukan menyusul adanya warga di dusun tersebut yang meninggal dunia akibat terjangkit deman berdarah,” ungkap salah satu orang dari petugas foging dari Puskesmas Junrejo Dinas keshatan kota Batu.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *