UU Desa Jadi Payung Hukum Kepala Desa

oleh -35 Dilihat

Jember, Suara Indonesia-news.com – Undang undang desa no 6 tahun 2014 adalah suatu landasan payung hukum kepala desa dalam mengambil keputusan di dalam pemerintahanya .undang undang desa terwujud adalah suatu bentuk aspirasi kepala desa.dengan lahir nya undang undang ini kepala desa di seluruh indonesia boleh bangga sebab di dalam isi uu desa lebih mengedampan kan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Dalam penggodokan uu desa memang terlalu lama hal ini di bahas mulai tahun dua ribu dua belas, baru di amademenkan menjadi undang undang tahun dua ribu empat belas. di atur juga dalam undang undang tentang masa jabatan kepala desa, hanya di batasi sampai tiga periode dengan periode pertama masa jabatan kepala desa di batasi enam tahun,dengan lahirnya uu desa di harap kan kepala desa di seluruh indonesia bisa membangun desa nya agar pertumbuhan perekonomian pedesaan bsa mengalami peningkatan.

Pada reses nya taufik hidayat angota komisi 2 DPR RI dari fraksi golkar mengatakan.yang pasti dalam perumusan undang undang ini sepakat untuk memberi fasilitas dalam bentuk tes mony buat desa tentu dengan ke inginan desa bahwa ini bisa di pertanggung jawab kan dengan baik secara adminidtrasi dan prosedur. ujarnya.

Memang derap pembangunan di pemerintahan desa sangat perlu mendapat kan prioritas.tanpa ada campur tangan dari pemerintah. pembangunan di pedesaan akan terhambat, memang salah satu penyebab terhambat nya pembangunan di tingkat pemerintahan desa adalah anggaran.

Di dalam salah satu pasal menyebutkan dalam pemilihan kepala desa semua biaya di tanggung oleh APBD hal ini lah adalah suatu wujud demokrasi yang cukup adil. di dalam pelaksanaan nya harus penuh dengan perencanaan, penuh dengan demokrasi dan melibatkan institusi seperti badan musyawarah desa.

Hal demokrsi memang sangat pentinguntuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa.sunaryo kepala desa karang anyar.mengucapkan puji syukur telah lahir nya uu desa beliu berharap dengan lahir nya undang undang tersebut, derap pembangunan di pemerintahan desa berjalan lancar tanpa harus memikirkan anggaran dan beliu nya mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah yang telah mengabulkan permohonan kepala desa.

Memang seharus nya lah pemerintah lebih memperhatikan nasib pemerintah yang paling bawah seperti hal nya kepala desa.sebab kepala desa adalah tonggak perekonomian negeri ini. (joko).

Tinggalkan Balasan