Utamakan Keterbukaan, Kades Kanegarah Berikan BLT DD Libatkan Forkopimda Bangkalan Langsung

oleh -326 views
Kiri, R. Abdul Latif Bupati Bangkalan saat menyampaikan sambutannya didampingi M. Makmur Kades Kanegarah dipendopo desa setempat. (Foto: Anam/SI).

BANGKALAN, Sabtu, (23/05/2020) suaraindonesia-news.com – Pandemi covid-19 membawa banyak dampak negative pada masyarakat dan pemerintah melakukan berbagi macam upaya dalam menanggulanginya dengan memberikan bantuan berupa uang tunai Rp 600 ribu untuk meringankan beban ekonomi masyarakat, seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kanegarah, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Pada agenda penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) dipendopo Desanya pada Jumat (22/05) tersebut M. Makmur Kades Kanegarah menyampaikan pihaknya mengundang jajaran Muspida untuk menyaksikan langsung transparansi penyaluran BLT DD di desanya.

“Guna memastikan pelaksanaan Penyaluran BLT DD pada segenap masyarakat di Desa kami Kanegarah, kami menghadirkan secara langsung bapak R Abdul Latif Amin Bupati Bangkalan, Mohni Wabub, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Danlanal Batuporron serta jajaran Muspika pak camat, Kepala Puskesmas beserta tokoh masyarakat,” terang M. Makmur pada awak media.

Kades Kanegarah M. Makmur yang juga merupakan wakil ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Bangkalan juga berharap semoga berbagai Bansos dari pemerintah termasuk BLT DD tahap I yang sudah disalurkan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat selama masa pandemi wabah covid-19 khususnya di Desa Kanegarah, Kecamatan Konang.

“Selama pandemi wabah covid-19 atau virus corona melanda masyarakat, tidak hanya merugikan pada yang terpapar namun masyarakat secara umum akibat wabah tersebut ruang geraknya terbatas, sehingga mengganggu pada aktivitas sehari-hari, termasuk mengurangi pemasukan ekonomi, maka dari hal itu kami Kades Kanegarah ingin meringankan beban ekonomi masyarakat dengan memberikan berbagai program termasuk BLT yang bersumber dari Dana Desa,” katanya menambahkan.

Sementara itu menurut R Abdul Latif Amin Bupati Bangkalan yang datang pada agenda tersebut mengungkapkan, momen penyerahan BLT DD di Desa Kanegarah Forkopimda hadir lengkap selain untuk memastikan penyaluran BLT DD sesuai ketentuan aturan juga sebagai wujud bahwa negara selalu hadir ditengah masyarakat.

“Kakdintok hadir lengkap forkopimda, ada pak Kapolres pak Dandim pak Kajari Ketua DPRD lengkap moge-moge dalam BLT tersalurkan dengan baik sedejeh caepon klebun 69 orang se Desa Kanegereh, kalau sekecamatan 1626 Kepala Keluarga, Bantuan dari pemerintah melalui dana desa yang disalurkan langsung pada bapak ibu dari pihak Bank Jatim hadir berikan bantua tunai, semoga bermanfaat untuk panjennengan ditengah pandemi wabah covid-19,” terang Latif.

Masi kata Latif Amin yang merupakan politisi PPP tersebut juga tidak henti-hentinya dalam setiap kesempatan selalu menghimbau selama masa pandemi covid-19 agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan harapan untuk menekan sebaran wabah covid-19 tersebut.

“Himbauan dari pemerintah mari kita taati ketika keluar dari rumah pakai masker jaga jarak jaga kebersihan dengan cuci selalu tangan, manabi ada yang datang dari luar Bangkalan atau perantauan untuk langsung melapor pada bapak kades,” katanya memberi himbauan.

“Dengan semakin banyak pasien positiv diBangkalan kami berharap Desa Kanegarah sudah disiapkan rumah isolasi, semoga masyarakat Kanegarah tetap tidak ada yang tertular wabah covid-19,” harap Bupati.

Selain hal tersebut berkenaan menjelang Hari Raya Idul Fitri Latif juga menghimbau pada segenap masyarakat Bangkalan Madura Jawa Timur untuk menekan sebaran wabah covid-19 agar tidak tidak melakukan takbir keliling.

“Terkait Idul Fitri pemerintah menghimbau jangan melakukan takbir keliling atau pawai, disini karena zona hijau kita ikuti himbauan dari MUI, Kalau ada desa zona merah dianjurkan atau dibolehkan shalat idul fitri dari rumah masing-masing dengan keluarga masing-masing, untuk rakaat pertama takbirnya tujuh, rakaat kedua takbirnya lima atau langsung amakmum pada kepala desa, ini kades siap jadi imam shalat idul fitri,” tambah Latif seraya diiyakan olek M. Makmur Kades Kanegarah yang berdiri tepat disamping bupati kala menyampaikan sambutannya.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *