UPTD BBI Pante Bidari Terkesan Mubazir dan Tak Berfungsi

oleh -144 views
UPTD BBI Pante Bidari Aceh Timur.

ACEH TIMUR, Senin (07/01/2020) suaraindonesia-news.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Benih Ikan (UPTD BBI) Kecamatan Pante Bidari yang terletak di atas lahan kurang lebih 2 ha di antara Desa Pante Panah dan Paya Demam Sa, sejak di bangun tahun 2011 dengan anggaran dalam dua tahap mencapai Rp 2,5 Milyar yang bersumber dana otsus. Namun sudah berusia 9 tahun belum mampu menghasilkan sepeserpun Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun dampak manfaat untuk masyarakat.

Berdasarkan pantauan media Minggu (05/01) ke lokasi BBI seperti tak bertuan atau tidak terurus layaknya sebuah kantor pemerintah atau sebuah tempat usaha lainnya, banyak rumput dan semak belukar yang tumbuh di area pembibitan ikan tersebut.

Tokoh masyarakat Pante Bidari Abdullah TH saat di minta tanggapan membenarkan bahwa BBI yang ada di Pante Panah tak memberikan dampak manfaat dan terkesan mubazir.

“Dulu jika tidak salah ada mobil operasional dinas untuk kegiatan BBI tersebut, tapi mobil dinas tersebut tidak pernah terlihat lagi di lokasi pembibitan ikan tersebut,” ungkapnya.

Menurut Abdullah, masyarakat Pante Bidari sangat berharap Dinas Kelautan dan Perikanaan Aceh Timur dapat memaksimalkan BBI tersebut agar tidak mubazir.

Kepala UPTD BBI Muhammad Aris, SP saat di tanya media Senin (06/01) mengatakan bahwa dirinya baru 3 bulan di lantik, sepengetahuannya pada tahun 2013 aktif kegiatan pembibitan walaupun terbatas.

“Pak Kadis sekarang sangat komit dan peduli terhadap UPTD BBI hal itu sering beliau monitor menanyakan perkembangan aktivitas BBI tersebut. Bahkan pada bulan November 2019, BBI Pante Bidari mendapatkan pasokan calon induk ikan baik jenis Nila Jhika 800 ekor, nila gift 800 ekor dan Induk Lele Jumbo 700 ekor,” jelas Aris.

“Sedangkan masalah mobil operasional jenis pick Up memang benar ada, tapi saat ini di BKO kan di Kantor Dinas, jika butuh kita mengambil nya,” imbuhnya lagi.

Ia menambahkan, dirinya selaku kepala UPTD BBI yang baru saja di lantik telah menyusun perencanaan untuk memaksimalkan aktivitas Pembibitan ikan seperti yang di harapkan.

“Untuk itu saya sangat mengharapkan dukungan semua pihak,” pungkasnya.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *