Upacara Perabuan Pelaku Sejarah Pertempuran Laut Aru, Serka Mes (Pur) I Nyoman Toya

oleh -218 views
Pelaku sejarah
Reporter : Adhi
Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal Bali) Lantamal V, Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto menghadiriUpacara  Perabuan pelaku sejarah pertempuran Laut Aru, Serka Mes (Pur) I Nyoman Toya yang dikebumikan di pemakaman umum Desa Kusamba Kec. Dawan Kab. Klungkung, kemarin.
Salah satu pelaku sejarah pertempuran Laut Aru sekaligus ABK KRI Macan Tutul Serka Mes (Purn) I Nyoman Toya NRP. 13663 tutup usia pada Rabu, 27 Januari 2016 lalu di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung, Bali karena sakit.
Sebelumnya tutup usia, Nyoman –sapaan akrab salah satu ABK KRI Macan Tutul ini- untuk terakhir kalinya turut dalam Upacara Tabur Bunga hari Dharma Samudera Tahun 2016 yang di gelar di KRI dr. Soeharso-990 dengan Irup Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. di Koarmatim Surabaya.
Kini, prajurit yang gagah berani tersebut telah dipanggil Yang Maha Kuasa, untuk melepasnya pun dilaksanakan secara militer di pemakaman umum Desa Kusamba Kec. Dawan Kab. Klungkung. Upacara dilakukan dalam dua tahap yakni upacara pelepasan di kediaman Almarhum serta upacara pelepasan di tempat perabuan di pemakaman.
“Pelepasan di kediaman, dilepas atas nama keluarga menyerahkan kepada negara untuk diupacarakan secara militer, kemudian di tempat pemakaman jenazah dilepas oleh negara untuk diserahkan kepada Ibu Pertiwi,”.
Upacara perabuan yang dilaksanakan Senin pukul 12.00 Wita itu, diiringi tembakan senjata api (Salvo)oleh enam prajurit TNI Lanal Bali sebagai bentuk penghormatan terakhir salah satu anggota pejuang Veteran RI tersebut.
Pelaksanaan upacara secara militer tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim 1610/Klungkung Mayor Infantri Anak Agung Arnaya, dengan Komandan Upacara Kapten CAJ Suteja Gunawan, dan diikuti oleh peserta Upacara 1 Ton Perwira Lanal Bali, 1 Ton Korsik Ajendam IX/Udayana, 1 Ton Veteran, 1 Ton Kodim 1610/Klungkung, 1 Ton Ba/Ta Lanal Bali, 1 Ton Baminkamtibmas Polres Klungkung, 1 Ton Gabungan PNS Kodim 1610/Klungkung dan Lanal Bali.
Semasa hidup, Serka Mes (Purn) I Nyoman Toya adalah pelaku sejarah pertempuran di Laut Aru yang bertugas di KRI Macan Tutul yang tenggelam secara heroik dimedan pertempuran melawan kapal perang Destroyer Belanda di Laut Aru pada tahun 1962, tanda jasa yang dimiliki SL.VIII Th, SL.XVI Th, SL.XXIV Th, SL. Narariya, SL. Karya Satya, SL. Wira Dharma, SL. Satya Dharma dan Veteran Pembela Pejuang Kemerdekaan.
Upacara perabuan disaksikan rombongan keluarga dan kerabat dari Serka Mes (Purn) I Nyoman Toya yang tiba bersama jenazah di lokasi pemakaman sekitar pukul 12.00 Wita, serta sejumlah kolega dan ratusan pelayat dari masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan