Upacara Detik – Detik Proklamasi di Kabupaten Pati Digelar Sederhana

oleh -175 views
Bupati Pati, Haryanto, bersama Wakil Bupati Saiful Arifin menuju Taman Makam Pahlawan Giri Dharma, usai upacara Detik - Detik Proklamasi 17 Agustus Tingkat Kabupaten Pati.

PATI, Selasa (17/08/21) suaraindonesia-news.com – Upacara Detik – Detik Proklamasi 17 Agustus di Kabupaten Pati digelar secara sederhana dengan peserta terbatas dan penerapan prokes ketat.

Upacara memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI itu berlangsung di halaman Setda Pati, diikuti Forkompimda dan OPD Kabupaten Pati.

Bupati Pati, Haryanto, selaku inspektur upacara membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah, antara lain mengungkap kondisi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan orang banyak meninggal dunia dan usaha yang gulung tikar.

“Grup – grup whatsApp dan media sosial berubah jadi ruang penebar duka dan doa. Sedih, capek, marah dan muak bergantian masuk di dada, seolah – olah sudut untuk bahagia sudah tidak tersisa,” sebut amanat Gubernur Jawa Tengah.

Melalui momentum upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021 ini, lanjut amanat itu, apresiasi dan penghormatan setinggi – tingginya diberikan kepada para tenaga kesehatan.

Bupati menambahkan, dalam masa perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus mendatang, Kabupaten Pati saat ini masuk di level 3 PPKM.

Usai upacara, dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma turut Desa Puri Kecamatan Pati.

Ziarah diawali upacara penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan tabur bunga di pusara.

“Kita sudah dua kali ini menyelenggarakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Dengan kesederhanaan, karena memang situasi kondisi masih seperti ini. Tujuannya dilakukan sederhana agar tidak terjadi kerumunan, tidak terjadi klaster baru,” terang Haryanto.

Meski situasi serba sulit akibat pandemi, lanjutnya, masyarakat agar tidak melupakan jasa – jasa para pahlawan dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Berikutnya, pada pukul 09.45 wib, Forkompimda bertempat di pendopo kabupaten mengikuti secara virtual Detik – Detik Proklamasi 17 Agustus dari Istana Negara Jakarta.

Reporter : Usman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan