Untuk Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Kabid Kesmas Dinkes Sumenep Gencarkan Kegiatan Validasi

oleh -119 views
Kusmawati Saat Memperaktekkan Cara Pemasangan Oksigen Dengan Benar

Suara Indonesia-News.Com, Sumenep – Untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kusmawati Kepala Bidang (Kabid) Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Gencarkan kegiatan Validasi.

Sasaran kegiatan Validasi tersebut, dilakukan kesemua Poskesdes dan Posyandu yang ada di Kabupate Sumenep.

“Tujuan dari validasi ini untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di kabupaten sumenep, karna itu merupakan indikator dalam penilaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Sekabupaten sumenep,”papar Kusmawati, Kabid Kesmas Dinkes Sumenep.

Kusmawati menambahkan, selain itu juga termasuk dalam Milinium Development (MD) karna di dalam MD, bidang kesmas dari delapan gol, empat gol ada di bidang kesmas, yaitu kematian ibu, kematian bayi, angka gisi buruk kemudian UHH (usia harapan hidup).

Untuk itu, maka kami melihat sejauh mana poskesdes yang ada di desa sehingga pelaksanaan dari pada posyandu benar-benar menyentuh pada masyarakat terutama masyarakat yang lansia.

Selain itu, posyandu sangat penting ditengah masyarakat karena dengan adanya posyandu maka kasus BGM (bawah garis merah) gizi buruk akan ditemukan dan sedini mungkin ditangani. sehingga AKI dan AKB serta kematian balita bisa diturunkan di kabupaten sumenep. Pungkas istri dari Ketua DPRD Sumenep ini. (lek/zai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *