Unik, Sumber Tujuh di Pasongsongan Diyakini Bisa Sembuhkan Penyakit

Masyarakat saat mengambil air Sumber Tujuh yang di yakini banyak hasiatnya.

SUMENEP, Selasa (11/6/2019) suaraindonesia-news.com — Sumber Tujuh yang terletak di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang diyakini mempunyai banyak khasiat menyembuhkan segala penyakit dan menyukseskan segala niat bagi yang minum air sumber tersebut.

Tidak sedikit orang yang mengambil air dari sumber tersebut baik warga sekitar maupun dari luar kota, seperti Jember, Banyuwangi dan Daerah Daerah lainnya.

Sejarah lahirnya Sumber Tujuh menurut keterangan Warga setempat, bahwa sumber tersebut berawal dari kekurangan air saat lahirnya Bindara Abdurrohman dan Bindara Abdurrohim yang dilahirkan oleh seorang ibu yang bernama Nyai Ese yang merupakan istri Bindara Saod.

Karena Nyai Ese tidak mau dimadu dengan Potre Koneng maka dia menghindar, tidak lama kemudian melahirkan dua anak laki laki tersebut, setelah besar dua anak itu mengembala kerbau dan dari bekas kaki kerbau itu keluarlah air dan ketika digali oleh Bindara Abdurrahman, maka keluarlah sumber pertama yang dinamakan sumber sreang (paling tua), setelah itu menggali lagi di sampingnya maka keluar sumber lagi yang kedua sampai sumber ketujuh dan sumber yang terakhir adalah sumber yang paling muda.

Menurut Ibu Suna yang merupakan cucu dari penjaga pertama sumber tujuh menuturkan, bahwa banyak yang mengambil air sumber tujuh tersebut untuk mengobati penyakit, ada juga yang mempunyai niatan mencalonkan diri menjadi Kepala Desa.

“Banyak yang datang kesini, ada dari Sumenep, Pamekasan ada juga yang dari jawa dan juga Daerah┬áDaerah lainnya, ketika ditanya keperluannya itu beda beda, ada yang buat orang sakit, ada yang mau nyalon jadi pemimpin seperti kepala Desa dan DPR,” terangnya.

Sumber Tujuh yang terletak di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang diyakini mempunyai banyak khasiat

Kepala Desa Campaka Sudiryo saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan kalau sumber tujuh itu memang dipercaya oleh masyarakat bisa menyembuhkan orang sakit dan mengabulkan segala niat.

“Iya itu benar, banyak kok yang datang mengambil airnya, ada yang diminum disana, ada juga yang dibawa pulang menggunakan botol,” terang Kades Dua Periode itu.

untuk diketahui letak sumber tujuh tersebut berada di Dusun Marthikan Sampornah, dalam artian tanah suci, namun sekarang lebih dikenal Dusun Samporah, Desa Campaka.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here