Unik, Inilah Jalan Santai Ala Santri Jember

Suasana acara jalan santai di alun-alun kota Jember. Foto (istimewa)

JEMBER, Senin (06 November 2017) suaraindonesia-news.com – Jalan sehat ala santri yang diikuti oleh 50 ribuan warga, mempunyai keunikan tersendiri. Mereka diwajibkan untuk menggunakan sarung sarung layaknya seorang santri di pondok pesantren, begitu pula bagi yang perempuan diwajibkan berbusana muslimah.

Acara yang digelar oleh GP. Anshor Jember itu dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau akrab dipanggil Cak Imin, berlangsung di Alun-alun Kota Jember, bertepatan dengan Car Free Day (CFD), Minggu (5/11) pagi.

Tampak hadir dalam acara tersebut beberapa anggota Komisi XI di antaranya, Cucun Syamsurizal, Saiful Bahri Ansori, Jazilul Fawaid serta sejumlah anggota DPRD Jawa Timur dan Jember lainnya.

Dalam sambutannya, Cak Imin menyampaikan bahwa sarungan adalah budaya santri yang telah menusantara.

Baca Juga: Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Internet Sehat, RTIK Jember Gelar Siber Kreasi 

Jalan sehat sarungan ini digelar guna menunjukkan bahwa meskipun bersarung masih tetap bisa aktif, kekinian sambil melakukan aktifitas apapun.

“Kaum sarungan jangan minder, harus percaya diri, karena sarungan itu asyik,” kata Cak Imin.

Sarungan itu adem, lanjut Cak Imin, adem di kulit, adem juga di hati, Indonesia butuh yang adem-adem agar tidak muncul banyak gesekan, baik sosial politik maupun kultural.

“Saya berharap NU, para santri dan budayanya menjadi bagian dari yang menyejukkan Indonesia dan membawa rahmat bagi negeri ini,” lanjut Cak Imin.

Hadir pula dalam acara tersebut beberapa tokoh muslim Jember, di antaranya Wakil Bupati Jember, KH. A. Muqiet Arif, Ketua MUI Jember, KH. Halim Soebahar, Ketua PCNU Jember, KH. Syamsul Arifin.

Jalan sehat sarungan ini menempuh rute sepanjang 3 KM dengan start dan finish di Alun-alun Jember. Beragan hadiah disediakan oleh panitia di antaranya tiket umroh, 3 unit sepeda motor, sepeda onthel, Kulkas, Televisi dan berbagai hadiah hiburan lainnya. (Eko/Jie)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here