UMKM Bergerak, Pemkab Siap Pulihkan Sektor Ekonomi Tingkat Bawah

oleh -19 views
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq

LUMAJANG, Sabtu (31/10/2020) suaraindonesia-news.com – Di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, memulihkan sektor ekonomi ditingkat bawah sangat penting dan wajib menjadikan skala prioritas. Hal ini yang memacu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, dalam program percepatan pemulihan ekonomi ditingkat bawah, khususnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pasalnya, menurut Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq), sektor inilah yang paling utama terkena dampak selama pandemi Covid-19 berlangsung. Jadi menurut Cak Thoriq, pihaknya akan terus fokus menggerakkan perekonomian sektor bawah terutama UMKM agar kembali tumbuh dan bergerak.

Pada saat menjadi narasumber di Zoom Meeting Government Rountable Series Covid-19 dengan tema Pemulihan Ekonomi di Jawa Timur, Senin (2/11) lalu, Cak Thoriq juga menyampaikan kalau salah satu langkah yang dilakukan adalah sebuah ekspansi produk menuju market.

“Contohnya, produk-produk hasil Lumajang yang marketable tapi belum dioptimalkan, akan lebih ditingkatkan lagi, seperti produk Kelengkeng Kateki, Kelapa Muda, Kopi Robusta Oragnik dan Coffee Wine,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata politisi PKB ini, harus ada intervensi untuk meningkatkan value (nilai) dari produk serta mempertemukannya dengan pasar yang lebih luas. Kelengkeng Kateki Lumajang secara kualitas lebih bagus dibandingkan dengan kelengkeng impor. Namun belum menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kalau ini menjadi produk yang bisa saling menguatkan saya yakin ini marketable,” ujarnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh Bupati agar sektor UMKM kembali tumbuh seperti halnya akan didirikannya mal pelayanan publik yang tergabung dengan mall UMKM. Salah satunya adalah mengoptimalkan pemasaran produk Lumajang dengan pasar lewat pasar online.

“Saya kira hari ini pasar harus lebih ditingkatkan lewat pasar online atau market place. Salah satunya adalah aplikasi ‘Bantu Ibu’. Aplikasi Bantu Ibu ini membantu para pedagang atau wlijo melalui sebuah sistem. Kita bekerja sama dengan ojek online lokal. Jadi, tidak memasarkan sekedarnya, tetapi lebih luas lagi memasarkan produknya,” tukasnya.

Sementara itu, hal yang sama telah dilakuakn oleh Kelompok UMKM Mitra Nusa Mandiri, yang sudah lebih dulu berjalan dengan mandiri demi memajukan produk-produk milik pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang lebih berjaya dan maju lagi.

“Kami telah melakukan kerjasama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka menaikan kelas para pemilik UMKM di Kabupaten Lumajang, salah satunya ada di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe,” jelas Ketua Kelompok UMKM Mitra Nusa Mandiri, Afu.

Kedepan, katanya, pihaknya akan terus membangun komunikasi dengan sejumlah pelaku UMKM agar produk mereka bisa dipasarkan di luar Kabupaten Lumajang, sehingga perekonomian Lumajang lebih berjaya lagi. (adv)

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *