UK Petra Rayakan Dies Natalis ke 55

oleh -48 views

Reporter:

Surabaya, Kamis 22/09/2016 (suaraindonesia-news-com) – Kamis tanggal 22 September 2016 merupakan hari yang istimewa dan membahagiakan bagi seluruh sivitas akademika Universitas Kristen Petra (UK Petra). Hal ini dikarenakan UK Petra merayakan hari jadinya yang ke-55 tahun. Rentang usia yang cukup lama untuk bertumbuh dan mengembangkan diri, mengabdikan diri bagi masyarakat untuk turut melahirkan manusia-manusia yang berkualitas tidak sebatas sisi intelektualnya saja namun juga membentuk lulusan yang excellent dari sisi emosial dan spiritual. Perayaan Dies Natalis ini dihelat di Auditorium UK Petra mulai pukul 09.30 WIB, dengan memberikan berbagai penghargaan pada sivitas akademika.

Mulai dari penghargaan beasiswa pada para mahasiswa, penghargaan pada tenaga kependidikan berprestasi, dosen berprestasi, hingga kepada persona kependidikan maupun dosen yang telah mengabdikan dirinya pada UK Petra selama kurun waktu 20 tahun dan 30 tahun.

“Segala kesuksesan dan prestasi yang dicapai di tahun 2015/2016 patut dikembalikan untuk Kemuliaan Tuhan. Pelayanan di bidang pendidikan adalah sebuah investasi hidup yang bernilai kekal, karena pendidikan bersentuhan langsung dengan mentransformasikan kehidupan anak-anak Tuhan yang dikirim ke UK Petra untuk menjadi berkat bagi Kemuliaan Tuhan. Berbagai kegagalan, kekurangan dan kelemahan yang diijinkan Tuhan terjadi hendaklah menjadi suatu pengalaman pembelajaran yang berharga untuk terus diperbaiki dan disempurnakan di tahun yang akan datang”, ungkap Prof. Rolly Intan, M. A.Sc., Dr. Eng. selaku rektor UK Petra saat menyampaikan sambutannya.

Tercatat beasiswa UK Petra pada tahun ajaran 2015-2016 diberikan pada 411 mahasiswa dengan jumlah sekitar 3 milyar rupiah. Beasiswa ini dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya Beasiswa Ekonomi Lemah, Kawasan Timur Indonesia, Keluarga besar Pegawai UK Petra, Keluarga Besar PPPK Petra, Putra-putri Pendeta, Aktif Berprestasi, Prestasi Akademik, Mitra Prestasi Sains, Petra Prestasi Sains, Petra Presentasi Olah Raga, Lomba UK Petra dan Olimpiade Sains Nasional.

Tak hanya itu saja, UK Petra juga memberikan penghargaan kepada dua orang tenaga kependidikan yang berprestasi yaitu Renny Novemsy Dese, S.Sos., sebagai peraih juara pertama pemilihan tenaga administrasi akademik berprestasi tingkat Kopertis VII tahun 2016 dan Chandra Pratama Setiawan, S.IIP., M.Sc sebagai peraih juara pertama pustakawan berprestasi tingkat nasional tahun 2015.

Tak ketinggalan juga penghargaan diberikan pada dua dosen berprestasi yaitu Yulia, S.T., M. Kom sebagai peraih juara tiga ketua Program Studi Berprestasi tingkat Kopertis VII tahun 2016 dan Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng selaku Peraih Penghargaan Penemu Rekayasa Engineering Pemanfaat Eks Lumpur Lapindo menjadi produk Bahan Bangunan Alternatif. Dalam Lustrum ke-11 ini, UK Petra juga memberikan penghargaan pada para dosen yang memiliki Indeks Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (IKP2M) tertinggi dengan kategori peneliti muda diraih oleh Fandi Dwiputra Suprianto, S.T., M.Sc. sedangkan kategori peneliti diraih oleh Dr.rer.nat. Siana Halim, S.Si., M.Sc.nat. Untuk pelaku Pengabdian Masyarakat (Abdimas) tertinggi diraih oleh Njo Anastasia, S.E., M.T. dari dosen Program Studi Manajemen Keuangan UK Petra. Untuk kategori dosen dengan H-Indeks Scopus Tertinggi diraih oleh I Gede Agus Widyadana, S.T.,M.Eng.,Ph.D. yang juga seorang dosen Program Studi Teknik Industri UK Petra.

Dies Natalis juga diramaikan dengan penyerahan penghargaan yaitu Petra Kencana Karya kepada pegawai akademik maupun non-akademik yang telah mengabdikan diri selama 20 tahun di UK Petra, dengan jumlah 23 orang. Selain Petra Kencana Karya, Petra Kencana Bhakti juga diberikan kepada 5 orang karyawan baik dosen maupun non-dosen yang telah mengabdi di UK Petra selama 30 tahun. Dalam kesempatan yang bahagia ini, rektor UK Petra juga mengungkapkan bahwa sesuai dengan visinya to be a Caring and Global University with Commitment to Christian Values, UK Petra terus menggalakkan berbagai program dan kegiatan internasional dalam rangka mempersiapkan para lulusan untuk mampu berperan dalam dunia global.

“Tercatat pada tahun 2015/2016 jumlah mahasiswa asing mencapai 297 orang, itu artinya naik sebanyak 94,1% dibanding tahun lalu. Sedangkan jumlah mahasiswa UK Petra yang mengikuti berbagai program internasional di luar negeri naik sebesar 4% yaitu sebanyak 434 orang”, ungkap Rolly.

Dengan semakin banyaknya program internasional di UK Petra akan semakin membuka peluang bagi UK Petra untuk merekrut atau menarik mahasiswa asing datang ke UK Petra, sehingga membuka peluang terjadinya internasionalisasi secara in bound di dalam kampus. Dalam Tahun Akademik 2015/2016 telah diselenggarakan beberapa program internasional non-degree yang bersifat short term yaitu COP (Community Outreach Program) di Kupang dan Mojokerto, Indonesian Spectrum, Petra Summer Program, International Community Service Program, Joint International Architecture and Urbanism 2016 Workshop, Workshop Inclusive Building and Urban Parks in Surabaya dan Indonesian Work Camp.

Sedangkan program internasional di luar negeri yang bisa diikuti oleh mahasiswa UK Petra yaitu Asia Summer Program, Wenzao Chinese Summer Program, INHA Summer Program, Immersion Program, Internship Internasional, Double Degree, Joint Degree, Student Exchange, Studi Ekskursi Internasional, Service Learning dan Mission Trip.

Saat memberikan laporannya di hadapan sivitas akademika, Rektor UK Petra, Prof. Rolly Intan mengungkapkan berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia oleh Kemenristek Dikti Republik Indonesia, UK Petra ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 2015 (Peringkat 1) di Indonesia. Kemudian berdasarkan akreditasi, Kemenristekdikti menetapkan UK Petra sebagai posisi ke-4 sebagai Perguruan Tinggi terbaik nasional, atau Perguruan Tinggi Swasta terbaik (Peringkat 1) di Indonesia tahun 2016. Selain penghargaan, UK Petra juga mendapatkan Akreditasi Institusi dengan nilai A bersanding dengan 26 perguruan tinggi (swasta maupun negeri) lainnya. Perguruan tinggi swasta yang terakreditasi institusi A hanya ada 6 (enam), dan UK Petra adalah salah satu dari ke-enam PTS tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *