Uji Petik Proyek Desa, Sekda Temukan Masih Banyak Kelemahan

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupetan Aceh Barat Daya (Abdya) Drs. Thamrin

BLANGPIDIE-ABDYA, Suara Indonesia-News.Com – Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupetan Aceh Barat Daya (Abdya) Drs. Thamrin bersama SKPK dan Tim pengelola keuangan anggaran Gampong, meninjau pelaksanaan kegiatan  proyek Gampong yang bersumber dana dari APBN tahun 2015 disembilan Kecamatan dalam kabupaten setempat. Senin (19/10).

Dari informasi dilapangan, kegiatan peninjauan itu dilakukan untuk uji petik tentang pelaksanaan pengelola dana APBN. Ironisnya, plt Sekda bersama SKPK dann sejumlah tim dilapangan kecewa. Pasalnya, tim banyak menemukan perencanaan masih sangat lemah.

Kelemahan-kelahaman yang ditemuan tim dalam peninjauan tersebut diantaranya didalam penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban yang dinilai masih kurang pengawasan dilakukan oleh sarjana pendamping pembangunan gampong (SPPG) yang dibentuk oleh Badan Permberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera (BPMPPPKS).

Plt Sekda, Drs.Thamrin saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait masih banyak ditemukan  kelemahan tentang pengelolaan dana gampong tersebut, mengakui pihaknya akan segera melakukan pemanggilan terhadap sejumlah Keuchik (kepala desa), para Camat, Mukim, tuha peut serta pengawas dari SPPG masing-masing gampong.

“Dalam waktu dekat kita akan memanggil pihak-pihak terkait untuk meluruskan persoalan ini,”tegasnya.

Menurut Plt Sekda, pemanggilan para aparatur desa tersebut sangat penting, selain memeberian pemahaman juga akan diberikan pembekalan cara-cara menyusun anggran, serta menyesuaikan program yang dilaksanakan harus sesuai dengan aturan perbup  yang telah ditetapkan.

“Pembekalan ini akan kita libatkan Kabid Kuangan DPKKK, Inspektorat, BAPPEDA serta BPMPPPKS, sehingga dievaluasi yang dilaksanakan itu lebih, sehingga program yang dilahirkan lebih teliti dan penuh kehati-hatian agar tehindar dari kesalahan fatal,”pungkas Thamrin.(N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here