Ucapan Terima Kasih Bupati Jember

oleh -185 views

Jember, Suara Indonesia – News.Com – Bupati Jember MZA Djalal mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungan selama memimpin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Pasalnya berkat kebersamaan dan kerja keras semua pihak, pemerintah dan rakyat Jermber menjadi lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat, karyawan, Muspida, Camat, Lurah, Kepala Desa, guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta semua pihak. Karena berkat kebersamaannya kita lebih baik dari hari yang lalu, bulan yang lalu, atau bahkan tahun-tahun yang lalu,” kata MZA Djalal.

 

Menurutnya, beberapa tahun yang lalu, kondisi kabupaten Jember masih cukup memprihatinkan. Berdasar berbagai data yang data, saat itu, jumlah masyarakat miskin di Jember, tergolong cukup tinggi, angka kematian ibu dan bayi tinggi, sedangkan pertumbuhan ekonomi masih cukup rendah.

Berdasar dari kondisi itu, lanjutnya, maka Inseks Pembangunan Manusia (IPM) Jember tergolong sangat rendah. “Dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, kabupaten Jember berada di urutan 30 lebih,” katanya.

 

MZA Djalal mengatakan bahwa berkat kerja keras, kerjasama, serta kebersamaan seluruh pihak di Jember, Pemkab Jember berhasil meningkatkan IPM masyarakat Jember. Hal ini tampak dari meningkatnya peringkat IPM Kabupaten Jember pada tahun 2013, yang berada di peringkat 19 dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Berkat kerja keras semua pihak, sambung Djalal, jumlah kematian ibu dan bayi dari tahun ke tahun terus menurun. Selain itu, usia rata-rata masyarakat juga terus meningkat hingga mencapai lebih dari 60 tahun. “Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para kader Posyandu, Paramedis, dokter, dan bidan, yang senantiasa setia mendampingi masyarakat di desa,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Djalal mengatakan, bahwa pada beberapa sektor lain, juga terdapat kemajuan yang berarti. Dicontohkannya, pada sektor pertanian, pemkab Jember menargetkan petani Jember akan mampu menghasilkan produksi satu juta ton gabah kering sawah pada tahun 2014 ini.

Selain itu, pemkab Jember juga telah memulai upaya peningkatan kelembagaan pemerintahan desa. Pemerintahan desa mendapat alokasi telah mendapat subsidi alokasi dana desa sebesar Rp.500 juta per tahun, sejak tiga tahun silam. “Dengan program ini, maka pemerintah desa bisa lebih siap dalam mengelola administrasi,” ujar Djalal.

Menurut Djalal, dalam kepemimpinannya bersama wakil Bupati Kusen Andalas, Pemkab Jember berupaya untuk tetap berada pada program pembangunan yang menitikberatkan pada enam program prioritas, sesuai slogan Membangun Desa Menata Kota untuk Kemakmuran Bersama. Keenam program prioritas itu meliputi pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, infrastruktur, ekonomi kemasyarakatan, serta penguatan lembaga pemerintahan desa. (hum/ich)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *