Tuntut Geuchik Transparan, Warga Desa Tanjong Ara Tanah Jambo Aye Gelar Aksi Demo

oleh -1.034 views
Kordinator Aksi Demo Herry Safrizal, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di sela-sela aksi di halaman Meunasah Gampong Tanjong Ara.

ACEH UTARA, Sabtu (29/08/2020) suaraindonesia-news.com – Kurang lebih seratusan warga dan Pemuda Gampong Tanjong Ara, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, menggelar aksi demonstrasi di halaman meunasah Gampong setempat. Jumat malam (28/08).

Peserta aksi demo meminta pertanggung jawaban Keuchik terkait penggunaan anggaran dana Gampong yang selama tiga tahun dinilai tidak transparan.

Koordinator aksi, Hery Safrijal, mengatakan tujuan demo sebagai langkah terakhir yang mereka lakukan sejak bulan april lalu, yang selalu mengalami kegagalan untuk meminta pertanggungjawaban Keuchik agar bisa menggelar rapat umum.

“Jadi selama ini alibi aparatur Gampong bahwa rapat umum itu bukan aturan, namun yang kita minta bukan lagi sebagai aturan tapi lebih kepada kebijakan,“ ungkap Hery.

Hery menjelaskan bahwa awal menjabat Geuchik Mawardi pernah sekali melakukan rapat umum di Meunasah, namun periode salanjutnya sampai sekarang tidak pernah ada.

Sementara itu anggota tuha Peut M. Hasbi yang menghadiri kerumunan massa di Meunasah membenarkan bahwa di tahun pertama menjadi Keuchik pernah melakukan rapat umum satu kali di Meunasah, tetapi sejak tahun 2018 sampai saat ini belum pernah lagi melakukan rapat umum.

“Tetapi apabila langkah langkah selanjutnya bapak keuchik selalu ada keibukan sehingga tidak merespon tanggapan dari pemuda,” tuturnya.

“Kita usahakan agar bisa kita jumpai pak Keuchik agar mendapat solusi, kita ajak pak Keuchik bersama sama melakukan rapat umum supaya transparan dengan masyarakat, karena berlarut larut seperti ini terus,” tandasnya.

Sehingga kata dia, perpecahan ini tidak berkepanjangan dan berakhir dengan kehancuran Gampong.

“Kami dari pihak TPG mengambil kebijakan untuk segera melakukan rapat umum,” ucapnya.

Media ini mencoba menjumpai Kepala Desa/Geuchik Tanjong, Mawardi untuk konfirmasi namun sampai saat ini belum bertemu dan di telepon pun tidak diangkat.

Sementara Camat Tanah Jambo Aye Ismuhar saat dikonfirmasi mengatakan, menanggapi aksi unjuk rasa pmuda Desa Tanjong Ara tadi malam, bahwa hari ini Sabtu (29/08), pihaknya bersama muspika sudah menyampaikan saran kepada TPG dan Geusyik untuk menampung aspirasi pemuda dan masyarakat guna melaksanakan rapat umum dalam waktu dekat ini dan pihaknya berjanji akan ikut mendampingi.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *