Tunggakan Guru Sertifikasi Kemenag Capai 38 M, Dewan Minta Hutang Harus Dibayar

Ketua Komisi IV DPRD Sumenep, H. Subaidi

SUMENEP, Selasa (18 Juli 2017), suaraindonesia-news.com – Banyaknya tunggakan terhadap guru sertifikasi dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendapatkan perhatian serius dari Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat.

Ketua Komisi IV DPRD Sumenep H. Subaidi mengatakan, alasan apapun yang menyangkut haknya orang harus diperjuang. Entah itu anggaran pusat atau daerah. Menurutnya yang dikatakan diperjuang harus ada langkah kongkorit.

“Hak para guru harus diperjuang. Jangan hanya diam harus ada langkah kongkrit dari para petugas yang menangani sertifikasi guru dalam hal ini Pendidikan Madrasah,” ucapnya.

Lanjut dia, jika memang tidak terserap apa kendalanya sehingga ada yang terhutang padahal dana sertifikasi sudah menjadi hak para guru. Kasihan guru menunggu lama.

“Itu tugas yang harus dilaksanakan. Tinggal langkahnya dari instansi terkait agar cepat terselesaikan,” imbuhnya.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Muhammad Tawil menyampaikan, masalah tunggakan sertifikasi guru menjadi masalah nasional.

“Tidak hanya Sumenep yang protes. Di kabupaten hanya bisa menunggu,” kata dia.

Menurutnya, pencairan dana sertifikasi ada peraturan mentri agama (PMA), bukan kendala anggaran tapi mencairan mengacu kepada PMA jika ada perintah dicairkan akan cair Jika ada perintah ditangguhkan akan ditangguhkan.

“Pencairan atau ditangguhkannya dana sertifikask mengacu ke PMA,” ucapnya.

Menurut Tawil dana tunggakan sertifikasi guru dibawah naungan Kemenag mencapai 38 M. 371 Guru PNS 7 Miliar.

Sedangkan guru non PNS sebanyak 2.564 mencapai 31 Meliyar. Menurutnya tahun depan diambil dari dana tambahan semua tunggakan harus terbayar.

“Insyaallah tahun depan semua tunggakan akan terbayar dimbilkan dari dana tambahan,” tukasnya optomis. (Mahdi)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here