Trimen Harefa Apresiasi Polri Atas Tindakan Cepat Dugaan Maladministrasi Penyidikan Kasus Pedagang Kaki Lima

oleh -489 views
Trimen Harefa, SH, MH

GUNUNGSITOLI, Kamis (14/10/2021) suaraindonesia-news.com – Kasus pedagang dipukul preman jadi tersangka di Pajak Gambir, Deli Serdang, Sumatera Utara yang viral kini mengundang perhatian banyak pihak. Mabes Polri yang mendapatkan informasi bergerak cepat melakukan audit bersama Polda Sumatera Utara.

Setelah dilakukan audit penyidikan. Berkaitan dengan kasus tersebut bahwa ditemukan adanya penyidikan yang tidak profesional yang dilakukan oleh Polsek Percut Sei Tuan Medan. Sehingga per 12 Oktober 2021 Kanit Resintel Polsek Percut Sei Tuan dicopot sesuai Konferensi Pers Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono Rabu 13 Oktober kemarin.

Trimen Harefa, SH, MH., Advokat Peradi yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menyampaikan apresiasi atas langkah cepat dan tepat dari Institusi Kepolisian, teristimewa atas atensi Kapolri dan Kapolda Sumatera Utara yang mencerminkan semangat Presisi dan komitmen akan penegakkan hukum yang berkeadilan.

“Kita semua menaruh hormat akan audit proses penyidikan ini seraya mempercayakan pelaku sebenarnya inisial BS dkk segera ditindak,” katanya.

Kedepan kata Trimen, proses audit manajemen penyidikan ini bisa menjadi spirit baru dalam pengawasan penyidikan Internal kepolisian. Pelaksanaan Peraturan Kapolri tentang Manajemen dan pengawasan Penyidikan kurang maksimal baik atasan penyidik maupun pengawas penyidik, sehingga banyak perkara yang kontroversi/ maladministrasi penyidikan yang dipaksakan lanjut ke tahap P21 dan P22 bahkan sampai pada vonis Pengadilan yang keliru dan bertentangan dengan kebenaran hukum.

“Kita berharap, Polri dapat segera merevisi Peraturan Kapolri tentang Manajemen Penyidikan dan pengawasan penyidikan Internal guna mengurangi kesalahan dalam proses hukum, termasuk mengatur SOP penanganan kasus saling lapor dalam tindak pidana tertentu seperti kasus Kekerasan/ Penganiayaan,” terang Trimen.

Ia juga menyampaikan mendorong juga adanya pelatihan rutin dan berkelanjutan atau pendidikan khusus Penyidik/ Penyidik Pembantu demi meningkatkan kapasitas, kualitas dan integritas penyidik.

“Tentu hal ini dapat beriringan dengan peningkatan kesejahteraan Polri khususnya Penyidik/Penyidik pembantu,” ujar Trimen.

Dengan kinerja baik Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak yang juga Putra Asli Sumut bisa dipersiapkan menjadi calon Kapolri kedepan menggantikan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Diketahui selama ini bahwa Trimen Harefa, SH MH, yang juga Ketua DPD JPKP Kota Gunungsitoli aktif menyoroti kasus Rosalinda Gea, korban Penganiayaan Preman justru jadi Tersangka.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *