TOT P4GN, Demi Wujudkan Jatim Bersinar

oleh

LUMAJANG, Minggu (8/9/2019) suarandonesia-news.com – Training Of Trainer (TOT) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), demi mewujudkan Jawa Timur Bersih Dari Narkoba (Jatim Bersinar).

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNNP Jawa Timur, Drs Bambang Priambodo SH MHum, saat membuka acara TOT P4GN tersebut, yang dilaksanakan pada Jum’at & Sabtu (6-7/9) di kantor BNN Kota Surabaya, jalan Suko Manunggal Surabaya.

Kegiatan yang diagendakan selama 2 hari ini diikuti oleh 40 orang peserta TOT, ada perwakilan dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jember, Madiun, Jombang, Ngawi, Lumajang, Sampang dan Pamekasan.

Pembukaan TOT diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya & Mars BNN.

“Semoga apa yang kami dapatkan hari ini bisa bermanfaat banyak orang untuk mewujudkan Jatim Bersinar. Dan dapat selamatkan generasi anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba,” ungkap Bambang.

Pada kegiatan itu, ada beberapa materi yang diberikan, diantaranya materi aspek Hukum dalam P4GN yang disampaikan oleh Kabid Pemberantasan BNNP Jawa Timur, KombesPol Arief Darmawan SSi MIP.

Yang kedua materi tentang Adiksi, Konseling, Rehabilitasi dan IPWL oleh Kabid Rehabilitasi BNNP Jawa Timur, dr Poerwanto Setijawargo.

“Kalau materi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pekerja, oleh Penyuluh BNNP Jawa Timur, Wawan Kurniawan Aziz SPsi. Sedangkan materi tentang Tugas, Tanggung Jawab dan peran Relawan Anti Narkoba, oleh Kabid P2M BNNP Jatim, Ria Damayanti, SH, MM,” ujarnya.

Sementara itu, menurut perwakilan Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Kabupaten Lumajang, Almia Nofitasari, kepada media ini juga menyampaikan jika P4GN itu adalah upaya sistematis berdasarkan data penyalahgunaan narkoba yang tepat dan akurat, perencanaan yang efektif dan efisien dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan warga negara dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba untuk itu diperlukan kepedulian dari seluruh instansi pemerintah dalam upaya tersebut dengan mendorong satgas di instansi pemerintah menjadi pelaku P4GN secara mandiri.

Lebih lanjut dikatakan Nofi, bahwa pentingnya pemberdayaan masyarakat bersama instansi pemerintah dalam program P4GN adalah dalam rangka upaya memobilisasi seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasannya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *