Tinjau Banjir, Bupati Perkirakan Kerugian Mencapai 24 M

Bupati Abdya bersama rombongan melihat jembatan yang putus di gampong Kuta Paya Kecamatan Lembah Sabil

Reporter : Nazli

Blangpidie, Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Pasca Banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) beberapa hari yang lalu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Sabtu (19/12) melakukan kunjungan peninjauan kerusakan di sejumlah lokasi yang terdampak dari banjir tersebut.

Dalam tinjauan tersebut, Bupati Abdya didampingi Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, Sekretaris Dinas PU, Amiruddin, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Maswadi, Kepala BPBK Abdya Anwar Daud, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Herman Suriadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs Muslim, Kepala Dinas Sosial Drs Yafrizal, Kepala BP4K Ruslan Adly, Ketua Fraksi Aceh, Zaman Akli, Ketua Komisi A Iskandar, anggota DPRK Syarifuddin dan unsur terkait lainnya.

Pantau Suara Indonesia, sekira pukul 10.00 WIB, Bupati Jufri bersama rombongan bergerak dari Pendopo Bupati terlebih dahulu menuju gampong Alue Selaseh, Kecamatan Jeumpa dimana di gampong tersebut tepatnya di halaman belakang Masjid gampong tersebut dinding pengamannya roboh terbawa air.

Kemudian, Bupati dan rombongan melanjutkan melihat kondisi jembatan putus di gampong Ujong Tanoh, Kecamatan Setia dan dilanjutkan dengan melakukan berta’ziah kerumah Muhammad Teh, warga gampong Adan Kecamatan Tangan-Tangan yang meninggal tertimbun lonsor. Dirumah duka, Bupati Jufri dan rombongan melaksanakan talilan dan menyerahkan bantuan yang diterima anak korban.

Selanjutnya rombongan menuju gampong Suka Damai kecamatan Lembah Sabil meninjau 5 unit rumah rusak berat dihantam banjir bah akibat jebolnya tanggal pengaman dinding sungai. Dilokasi rumah warga yang rusak tersebut, Bupati Abdya meminta instansi terkait dalam hal ini PU Abdya, agar segera membangun kembali 4 unit rumah yang rusak pada bulan Januari 2016 mendatang dan merehap 1 unit rumah yang rusak ringan.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke gampong Kuta Paya Kecamatan Lembah Sabil, untuk meninjau jembatan patah, Bupati dan rombongan terlebih melaksanakan shalat Ashar di Masjid gampong Tokoh II Lembah Sabil. Selepas dari gampong Kuta Paya, Bupati dan rombongan dijamu makan siang oleh wakil bupati Abdya Erwanto SE,MA di area wisata Krueng Baru Kecamatan Lembah Sabil.

Pada kesempatan itu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin memprediksi kerugian akibat banjir ditaksir mencapai 24 milyar,”Kita akan bangun kembali sejumlah fasilitas yang rusak tersebut,”sebutnya singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here