Tingkatkan Pembangunan, Desa Bleboh Leles Bersama LMDH Wono Sumber Mulyo Menggelar Shering Properti

oleh -213 Dilihat
Penerimaan Properti shering secara Tunai oleh kepala Desa Bleboh Leles Budiyanto Kecamatan Jiken, Kab. Blora, Jawa Tengah dari LMDH Wana Sumber Mulyo bertempat di Balai Desa Braboan.

BLORA, Selasa (29/03/2022) suaraindonesia-news.com – Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar shering properti untuk Desa dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Sumber Mulyo yang di gelar di Balai Desa Bleboh. Selasa (29 Maret 2022).

Muhammad achmad Triyono ketua LMDH Wono Sumber Mulyo menyampaikan, Properti shering yang diterimakan untuk Desa Bleboh adalah 10% dari LMDH langsung diserahkan kepada kepala Desa dengan total kurang lebihnya 31 juta.

Triyono juga menyampaikan selain ada properti forum komunikasi pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) Desa juga ada properti forum PHBM tingkat Kecamatan sebesar 2% juga, PHBM Kabupaten juga 2%.

“Itu dari dana bersih yang kita serahkan untuk operasional dan untuk intensif lembaga 10% serta yang paling besar untuk penguatan kelembagaan 40% atau membentuk badan usaha lembaga, usaha produksi setelah dipotong pajak dan biaya subsidi silang,” ucapnya.

Lanjut ketua LMDH Wono Sumber Mulyo bahwa LMDH perlu menguatkan kelembagaan yang aktif dan tidak aktif seperti pesanggem walau itu bukan anggota LMDH, tapi juga merupakan bagian anggota yang juga mempunya hak.

“Jadi tidak hanya pengurus karena pesanggem bukan pengurus tapi berada ditengah dan sehari harinya sebagai pesanggem mempunyai kewajiban mendapatkan kontribusi silang, adapun kegiatan nya patroli hutan dan koordinasi antar pelaksana piket. Seperti satuan pengendali kebakaran (Satdalkan),” ungkapnya.

Dia berharap, rencana anggaran shering properti Desa Bleboh untuk pembangunan infrastruktuk dan Sumber Daya Manusia lokal agar dapat bermanfaat kedepannya.

ADM KPH Cepu Ir. Mustopo Melalui Suyoko KSS Perhutani Sosial KPH Cepu menyampaikan saat sambutan pembagian properti shering di balai Desa Bleboh, Kecamatan Jiken bahwa ADM tidak bisa hadir saat ini karena sedang ada undangan HUT Perhutani yang Ke 61.

Dia katakan bahwa Shering tinggal satu kali ini yaitu tahun 2021, antara perhutani dan LMDH kedepan pihak perhutani dan LMDH masih tapi kerjasama pengelolaan hutan kemitraan kehutanan politik.

“Artinya bisa dikatakan kerjasama ini masih luas dibanding shering tebangan, disini nanti lebih pada kelompok usaha atau koperasi,” katanya.

Sementara kepala Desa bleboh Leles Budiyanto ketika di konfirmasi diruang kerjanya, membenarkan bahwa pihak Desa mendapatkan anggaran properti shering dari LMDH Wana Sumber Mulyo sebesar kurang lebihnya 31 juta yang diterima secara tunai.

“Memang pihak Desa menerima 10% dari hasil properti shering dari LMDH Wana Sumber Mulyo dan nanti akan kami gunakan utuk pembangunan infrastruktur Desa,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini semua LMDH KPH beserta Ketua paguyuban LMDH KPH perhutani Cepu, para Asper perhutani dan kepala Desa Bleboh beserta perangkat Desa, Babin dan Babinsa Desa Bleboh.

Reporter : Lukman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan