Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Lhang Gelar Lokmin Lintas Sektor

oleh -60 views
Kapus Kecamatan Setia dr. Hessi Arfina saat memaparkan terkait dengan lokmin lintas sektor diaula rapat Puskesmas setempat.

ABDYA, Selasa (9/2/2021) suaraindonesia-news.com – Untuk mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program kesehatan, Puskesmas lhang, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar lokmin lintas sektor di wilayah setempat. Selasa (9/2/2021).

Pantauan awak media, pada lokmin 2021 tersebut, turut dihadiri oleh, Camat Setia Raifin, S.Pd, Sekretaris Dinas Kesehatan Mukhtaruddin, S.Ag, Kepala Puskesmas (Kapus) Lhang, dr. Hessi Arfina, Posramil diwakili Sertu faisal R, Pospol diwakili Bripka Razi kumar, Para Kepala Desa, Kepala sekolah, perwakilan pesantren serta tamu undangan lainnya.

Camat Setia Raifin, S.Pd dalam sambutanya mengatakan, setiap tahun telah kita laksanakan dari tahun-tahun lalu tentang masalah sektor, bahwasanya pada tahun 2021 ini sebagai triwulan pertama kita laksanakan pada hari ini.

Namun, kita sudah sepakat untuk membuat kegiatan ini pada bulan Februari karna mengingat kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, jadi harus selalu menjaga prokes dan menyampaikan kesemua pihak baik kita sendiri dan pemerintah juga kepada tokoh-tokoh masyarakat yang lainnya.

“Awal kegiatan Lokmin triwulan pertama 2021 tentu nantinya kita akan membahas tentang apa yang harus kita sepakati, karna kegiatan ini setiap tahunnya harus kita lakukan karna ini adalah salah satu program pemerintah,” sebutnya.

Dikatakan, kepada Kepala-Kepala Desa kami sangat berharap, agar mendukung penuh dalam hal ini, tentang apapun yang terkait dengan hal kesehatan, agar saling konsultasi dimana ada kekurangan harus saling audiensi jangan hanya diam, dan harus ada koordinasi nantinya.

“Saling komunikasi itu sangat baik apalagi terkait kegiatan lokmin lintas sektor ini, dimana yang kekurangan bisa kita tingkatkan,” ujar Camat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Mukhtaruddin, S.Ag dan juga sekaligus membuka kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa pihaknya mengapresiasi Puskesmas Lhang.

“Mungkin untuk tahun 2021, inilah Puskesmas yang pertama membuat kegiatan Lokmin Lintas Sektor ini. Alhamdulillah, walapun belum ada dana mereka bisa bisa membuat kegiatan ini kami ucapkan terima kasih untuk Pukesmas Lhang,” ujarnya.

Adapun dasar pelaksanaan Lokmin ini adalah amanat dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 44 tahun 2016 tentang pedoman manajemen kesehatan. Kenapa lokmin ini perlu dilaksanakan, karena kita sadar bahwasanya pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan juga Puskesmas itu tidak akan berjalan kalau tidak didukung oleh lintas sektor.

“Program Dinas Kesehatan itu sangat-sangat perlu dukungan dari lintas sektor lainnya, terutama Camat, Kelapa Desa dan Kapolsek beserta Koramil untuk saling mendukung dalam pelaksanaan atau memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, dikesempatan itu, Kepala Puskesmas Lhang, dr. Hessi Arfina juga menjelaskan, bahwa tujuan diadakan Lokmin adalah untuk membicarakan masalah-masalah kesehatan yang kerap terjadi di kecamatan sehingga masalah tersebut bisa dipecahkan.

Menurutnya, juga untuk memelihara silahturahmi antara pihak Puskesmas dengan Lintas Sektor dimaksud. Kemudian, Kepala Puskesmas Lhang juga bermohon dukungan kepada Lintas Sektor supaya mendukung pihaknya termasuk Posyandu Remaja yang sudah diresmikan beberapa waktu yang lalu.

“Namun, kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Puskesmas Lhang, dengan dukungan yang sangat besar terhadap kita disini dan juga terhadap semua kegiatan. Semoga kedepan Puskesmas Lhang bisa kompak selalu dan bekerjasama semaksimal mungkin dalam kegiatan-kegiatan yang menjadi tugas kita bersama,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *