Tingkatkan Pelayanan Gangguan Kamtibmas, Polres Probolinggo Kota Akan Luncurkan Aplikasi TOLONG

oleh -264 views
Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya tunjukkan aplikasi TOLONG.

PROBOLINGGO, Selasa (3/3/2020) suaraindonesia-news.com – Guna meningkatkan pelayanan dan laporan masyarakat terkait gangguan Kamtibmas dan apapapun bentuknya yang terkait dengan masyarakat, Polres Probolinggo Kota akan meluncurkan aplikasi di android, yakni aplikasi TOLONG Mangga Manis (Aman Terjaga Nyaman dan Humanis).

“Aplikasi ini adalah inovasi Polres Probolinggo Kota bagaimana untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat dalam menjaga Kamtibmas setiap ada kejadian. Apapun bentuknya, semua bentuk gangguan Kamtibmas tidak harus tindak pidana,” ujar Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, Selasa (3/3/20) di ruang operator TOLONG Mangga Manis Mapolres.

Misal lanjut Kapolres, ada bencana alam, ada gangguan-gangguan lain yang terkait dengan masyatakat, seperti gangguan listrik, adanya gangguan hewan buas dan sebagainya.

Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa mendowmload aplikasi TOLONG ini. Melalui aplikasi yang bisa dipasang di perangkat android ini masyarakat akan terverifikasi datanya, namanya plus nomor HPnya secara lengkap. Sehingga aplikasi ini tidak bisa di frank atau dibuat main-mainan. Karena setiap orang yang mengakses minta TOLONG nama dan nomor HP akan muncul dilayar monitor.

Selanjutnya dari layar monitor ini akan dikontek langsung oleh petugas operator. Dari operator akan mengontek petugas yang lokasinya terdekat dengan lokasi kejadian dan petugas akan langsung datang ke TKP, terang Kapolres.

Ia katakan aplikasi ini masih trayel, sambil memaksimalkan fungsi dari aplikasi ini dan fungsi peralatan yang terpasang di kendaraan patroli. Kalau semua sudah fix, semuanya sudah OK, baru akan dilounching.

Tujuan aplikasi ini memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian bila mana mengetahui adanya gangguan Kamtibmas, Kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini namum masyarakat harus mendownload dan mendaftarkan dulu nama dan nomor HP yang digunakan kepada pihak kepolisian.

Setelah nomor HP didaftarkan baru diverifikasi. Dengan demikian masyarakat yang melaporkan, nama dan nomor HP serta lokasi akan muncul dilayar monitor dan akan dikontek langsung oleh petugas operator.

Selanjutnya petugas operator TOLONG ini akan menghubungi atau mengkontek petugas yang lokasinya terdekat dengan lokasi kejadian dan langsung datang ke TKP.

Kapolres AKBP Ambariyadi menyebutkan, operator TOLONG setiap hari selama 24 jam siap melayani laporan masyarakat. Petugas operator dari anggota dan PHL yang sudah diberi pelatihan.

Semua jajaran Bhabinkamtibmas Polres Probolinggo Kota sudah mensosialisasikan kepada masyarakat. Dan dalam waktu dekat kalau semua peralatan sudah fix dan OK, aplikasi ini akan kami lounching, pungkas mantan Kasubdit-1 Direskrimsus Polda Jatim ini.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *