Tindak Lanjuti MoU, Polres Abdya Siap Jalani Intruksi

oleh -244 views
Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan, SIK, M.Sc.

ACEH ABDYA, Rabu (25/10/2017) suaraindonesia-news.com – Menindak lanjuti Nota Kesepahaman Memorandum of Undesrstanding (MoU) tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa antara Polri, dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Polres Aceh Barat Daya (Abdya) siap jalani intruksi.

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan, SiK, M. Sc mengatakan, sesuai intruksi Kapolri dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kepolisian untuk mengawal penggunaan dana desa yang tepat sasaran, tepat guna, untuk percepatan pembangunan di desa-desa.

“Pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa ini kita sepakati tunggal, yaitu Kapolsek dengan Bhabinkamtibmas,” kata Kapolres.

Dijelaskannya, tugas dan kewenangan Polri dalam mengawasi Dana Desa, yaitu membina dan menguatkan kapasitas aparatur pemerintah daerah, desa dan masyarakat dalam mengelola dana desa, sosialisasi regulasi dalam mengelola dana desa, penguatan, pengawasan, pengelolaan dana desa, memfasilitasi bantuan pengamanan dalam mengelola dana desa.

“Terakhir, memfasilitasi penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan dana desa dan peraturan data atau informasi dana desa. Ini merupakan langkah tepat, agar terwujud pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel melalui kerja sama yang sinergis,” tegas Andy.

Lebih lanjut, Kapolres Abdya menegaskan, kehadiran polisi  ke desa sebagai fungsi pegawasan program-program kerja yang telah ditentukan oleh masing-masing desa sehingga nantinya tidak melenceng.

“Bila tidak dilakukan pengawasan kalau terjadi penyimpang realisasi anggran tidak tepat sasaran imbasnya ke polisi juga.  Para keucik ngak perlu takut bila ada pihak polisi turun kelapangan itu lebih bagus ,” tutur Andy.

Dijelaskan Kapolres, jika ada pembangunan aparatur didesa itu harus memperdayakan masyarakat setempat, itu sangat baik sehingga perputaran ekonomi warga lebih terbatu.

“Disamping itu dalam waktu dekat ini, kita rencanakan menggelar sosialisasi tentang MOU dengan pihak pemerintah abdya juga bersama para keucik,” tukasnya. (Nazli/Jie).

Tinggalkan Balasan