Tindak Lanjuti Gampong Pemekaran, Tim Verifikasi Kemendagri ke Abdya

Asisten I Pemkab Abdya, Drs M Hanafiah Ak, SH, MM

Blangpidie, Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Menindak lanjuti perkembangan 20 gampong pemekaran di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diajukan oleh pemerintah setempat, tim verifikasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat turun ke Abdya guna mendata wilayah admitrasi pemerintahan serta data gampong.

Hal tersebut ditegaskan, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin MM melalui Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Drs M Hanafiah Ak,SH,MM kepada awak media diruang kerjanya. Rabu (16/12).

Disebutkannya, kunjungan tersebut menindaklanjuti usulan masyarakat melalui Pemkab Abdya untuk segera mendefinitif 20 gampong pemekaran yang masih menjadi polemik.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan rapat dengan pihak Kemendagri di Jakarta terkait dengan 20 gampong persiapan untuk dijadikan gampong persiapan yang berbadan hukum dan diakui oleh pemerintah pusat,”jelas Hanfiah.

Selanjutnya, Hanafiah menambahkan, setelah tim verifikasi menyelesaikan semua tugasnya, tim akan segera merilis hasilnya yang selanjutkanya akan dibuatkan Peraturan Daerah (Perda)  dan Qanun serta rekomendasi dari Gubernur.

”Insya Allah hasilnya akan menampung keinginan kita,”imbuhnya.

 Namun, Hanafiah tetap menegaskan, pihak Pemkab Abdya akan terus berusaha untuk mendefinitifkan ke-20 gampong tersebut, walau saat ini Pemkab Abdya dan masyarakat Abdya harus menunggu apapun hasil yang akan didapatkan oleh tim verifikasi dari Kemendagri.

”Kita harus bersabar sembari berdoa dan berusaha,”pungkasnya.

Sementara itu, wakil ketua komisi A DPRK Abdya, Zaman Akly saat dikonfirmasi terkait telah turunya tim verifiaksi dari Kemendagri tersebut diruang kerjanya, mengatakan, pihaknya sangat berharap engan turunnya tim verifikasi dapat mempercepat pendefinitifan 20 gampong tersebut.

“Yang diusulkan 20 gampong persiapan, maka yang definitifkan juga harus 20, kita tidak ingin nantinya hanya akan lahir beberapa gampong saja,”imbuhnya.

Pada kesempatan itu, ia juga berharap, semua gampong persiapan yang sudah diusulkan oleh Pemkab Abdya tersebut hendaknya merupakan aspirasi masyarakat yang menginginkan kemajuan dan kemandirian.

”Tim verifikasi harus jeli, jangan takut pada intervesi dari pihak manapun, ini demi rakyat yang ingin lebih mandiri,”tegasnya.(N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here