Timses Capres di Jember Sepakat Tunggu Keputusan Resmi KPU

Kedua timses Paslon Presiden-Wakil Presiden nomer urut 01 dan 02 mendeklarasikan diri untuk menunggu keputusan KPU dan menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Sabtu (20/4/2019) suaraindonesia-news.com – Kedua tim sukses (timses) pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Jember sepakat untuk menunggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kesepakatan tersebut diwujudkan dalam deklarasi damai yang diucapkan oleh kedua timses, Jumat (19/4/2019) malam.

Deklarasi damai ini digagas oleh Kepolisian Resor Jember untuk menciptakan suasana kondusif paska pemilu di Kabupaten Jember.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi dan bersabar untuk menanti keputusan resmi dari KPU demi kondusifnya wilayah Jember.

“Jember aman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mari bersama-sama kita menunggu keputusan resmi dari KPU dan jaga kondusifitas wilayah Jember,” ajak Kapolres Kusworo.

Kusworo pun bersyukur bahwa semua sudah bersedia untuk sepakat menciptakan suasana yang kondusif.

“Bahkan setelah ada keputusan pun nanti perayaan kemenangan tidak ada yang berlebihan sehingga bisa menciderai pihak lain, sama-sama kita menjunjung tinggi menang bermartabat kalah terhormat,” tambah Kusworo.

Ketua KPU Jember, Achmad Anis mengaku senang karena Indonesia telah mampu melaksanakan Pemilu yang kompleks, rumit dan terbesar di dunia.

“Masyarakat kita sudah berhasil menyelesaikan Pemilu yang cukup rumit ini, inilah bukti kedewasaan bangsa Indonesia, Pemilu baik Pilpres maupun Pileg secara bersamaan bisa berlangsung dengan aman dan damai,” ucap Anis.

Mengenai kecurangan dalam prosesi pemungutan suara di Kabupaten Jember, Anis mengatakan tidak ada. “Kami sangat bersyukur atas itu semua,” lanjut Anis.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol. Inf. Arif Munawar meminta masyarakat untuk mendahulukan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di atas apapun.

“Saya berharap seluruh masyarakat memiliki kecintaan terhadap NKRI yang lebih besar daripada hanya jabatan dan sebagainya,” himbau Letkol. Inf. Arif Munawar.

Sementara Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jember, Tabroni sangat mengapresiasi inisiasi Polres Jember ini.

“Kita berjalan baik-baik saja, sangat kondusif sekali, dan ini kami sepakati tekad bulat sampai dengan sampai penghitungan surat suara selesai,” kata Tabroni.

Dia juga meminta masyarakat untuk tetap bergandeng tangan dan siapa pun yang menang nantinya tetap harus dihormati.

Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Jember, Ardi Pudjo Prabowo menyebut deklarasi ini membawa kedamaian sendiri setelah proses pemungutan suara.

“Ini bisa menjadi contoh di kabupaten kabupaten yang lain supaya paska pemilu ini betul-betul bisa lebih damai, biarlah KPU menyelesaikan tugasnya, kita menunggu hasilnya,” ucap Ardi.

Selain tim sukses, deklarasi damai ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Ketua Bawaslu dan Tokoh Masyarakat Lintas Agama Kabupaten Jember.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here