Tiga Tersangka Lagi Dugaan Kasus Korupsi TPU Ditahan Kejari Balikpapan

oleh -209 views
Kasi Pidsus Kejari Balikpapan, Indra Noviar.

BALIKPAPAN, Jumat (14/1/2022) suaraindonesia-news.com – Kasus korupsi pengadaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kilometer 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, terus berjalan. Terbaru, Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan melakukan penahanan terhadap tiga tersangka yakni Salma, yang berprofesi sebagai Pengacara, Samsudin yang merupakan Ketua RT, dan Makulaw yang merupakan salah satu pemilik lahan.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Indra Rivani, SH., MH mengatakan, kasus tersebut sudah masuk tahap kedua atau penyerahan barang bukti dan tiga tersangka untuk segera masuk persidangan.

“Kemarin, Kamis, 13/1/2022 telah dilakukan penahanan terhadap tiga tersangka tersebut, ketiganya sudah kita titipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Balikpapan. Penahanan akan dilakukan selama dua puluh hari kedepan sebelum nanti kita limpahkan ke Pengadilan untuk menjalani persidangan,” ujar Indra saat ditemui media ini di Kantornya, Jumat (14/1/2022).

Sebelumnya, kata Indra, Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan juga sudah melakukan penahanan terhadap dua tersangka lainnya yakni Astani oknum ASN dan Rosdiana sebagai makelar tanah dalam kasus tersebut.

“Mereka bekerjasama melakukan manipulasi. Sehingga terjadi penggelembungan anggaran terhadap jual beli lahan TPU. Dalam kasus tersebut, terindikasi kerugian negara sebesar 9,9 miliar dari total anggaran untuk pengadaan lahan seluas 49 hektar sebesar 17,8 miliar,” ungkap Indra.

Reporter : Fauzi
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan