Tidak Patuhi Kode Etik, Anggota Polisi Sumenep Diberhentikan dengan Tidak Hormat

oleh -169 views
Tiga propam saat apel pemecatan satu anggota Mapolres Sumenep, Senin (19/7/2021).

SUMENEP, Senin (19/7/202) suaraindonesia-news.com – Polisi merupakan penegak peraturan per undang-undangan, menjadi contoh dan pengayom masyarakat, dan sudah sepantasnya jika ada seorang polisi diberhentikan dengan tidak terhormat. Seperti halnya anggota polisi yang bertugas di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diberhentikan dengan tidak hormat dari korp Bhayangkara, Senin (19/7/2021).

Brigadir Bowo Enrik Hendrawan dengan NRP 79050807. Terbukti melanggar kode etik sehingga diberhentikan atau dipecat sebagai anggota polisi.

Apel Pemberhentian dengan tidak terhormat tersebut digelar di Lapangan Sanika Satyawada Polres Sumenep Jl. Urip Sumoharjo No. 35 Desa Pabian, Kec. Kota Sumenep.

Dengan pemberhentian tersebut, secara otomatis ia bukan anggota kepolisian lagi, melainkan sebagai rakyat biasa.

Sebagaimana yang disampaikan Kapolres Sumenep, AKBP Rahman Wijaya, bahwa pemberhentian tidak dengan hormat terhadap seorang anggota Polri merupakan penerapan dari PP RI Nomor 1 Tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri.

Hal tersebut juga kata kapolres merupakan suatu upaya untuk mewujudkan program reformasi birokrasi ditubuh Polri, sehingga Polri disegani dan dicintai masyarakat.

Di sisi lain merupakan kebijaksanaan pimpinan dimana yang bersangkutan dinilai tidak layak lagi menjadi anggota Polri, terkait dengan pelanggaran yang dilakukan sangat bertentangan dengan kode etik profesi Polri.

“Jadi, yang bersangkutan ini melanggar kode etik berupa tidak masuk kantor atau disersi,” ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres, peristiwa ini seharusnya tidak perlu terjadi, apabila selaku anggota Polri dalam melaksanakan tugas senantiasa melaksanakan tugas dengan baik serta mematuhi undang-undang.

“Peristiwa semacam ini sangatlah penting untuk dijadikan perhatian bagi kita semua, untuk tidak terjadi lagi yang kesekian kalinya bagi anggota Polri Polres Sumenep,” tukasnya.

Reporter : Sudirman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan