Tidak Layak Pakai, KIP Abdya Musnahkan Ribuan Lembar Surat Suara

Wabup Abdya Muslizar MT, Kapolres AKBP Moh. Basori, SIK, Kajari Abdya Abdur kadir, SH,. MH, Dandim 0110 letkol Arm Iwan Aprianto dan Ketua KIP Sanusi, S.Pd, serta pejabat lainnya saat melakukan pemusnahan logistik rusak, cacat dan kelebihan dihalaman kantor KIP setempat.

ACEH ABDYA, Selasa (16/4/2019) suaraindonesia-news.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) memusnahkan sebanyak 4.262 surat suara rusak tidak layak pakai dan sisa surat suara dari percetakan dengan cara dibakar di halaman kantor KIP setempat. Selasa (16/4).

Pemusnahan surat suara tersebut di bakar langsung oleh Wabup Abdya Muslizar MT, Kapolres AKBP Moh. Basori, SIK, Kajari Abdya Abdur kadir, SH,. MH, Dandim 0110 letkol Arm Iwan Aprianto, Asisten pemerintahan Amrizal, dan Ketua KIP Sanusi, S, ketua Panwaslih Abdya Ilman Sahputra, kepala Kesbangpol Jufri, serta pejabat lainnya.

“Surat suara lebih dari lima jenis surat suara sebanyak 3.611, sedangkan surat suara rusak 651 kertas suara,” kata Ketua KIP Abdya, Sanusi.

Lanjutnya, keseluruhan surat suara yang rusak dan baik berjumlah 4.262 dari lima jenis suara suara.

Dijelaskannya, KIP Abdya telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi jumlah surat lebih dalam Pemilihan Umum 2019 tingkat Kabupaten Abdya Nomor 050/PP.10.4-BA/1112/KIP-Kab/IV/2019.

“Pemusnahan ini kita lakukan transparan dengan cara dibakar. Supaya tidak ada kecurigaan saat Pemilu dan kita bisa saksikan bersama,” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Abdya AKBP Moh. Basori, S.I.K mengatakan, yang dimusnahkan tersebut terkatagori surat suara rusak atau cacat dan kelebihan. Sesuai berita acara yang telah ditandatangi oleh ketua dan anggota KIP.

”Jika tidak dipakek harus dilaksanakan pemusnahan jangan nanti dipolitisir isu yang memyesatkan,” kata Kapolres.

Selain itu, terkait dengan hal keamanan jelang pemilu 2019, Kapolres menyebutkan, personil keamanan sudah allout dilapangan.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here