Ternyata Kualitas Rumput Laut Di Raas A1

oleh -66 views

Reporter: Sur

Sumenep, Sabtu (19/11/2016) suaraindonesia-news.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa kepulauan benar-benar mempunyai potensi alam yang sangat berlimpah. Salah satunya adalah rumput laut yang ada di Kecamatan Raas, tepatnya di Desa Tonduk dan Guwa-guwa.

Rumput laut yang ada di dua desa tersebut diketahui mempunyai kualitas yang sangat bagus dengan spesifikasi A1.

Kualitas tersebut terungkap saat penelitian yang dilakukan oleh sejumlah akademisi dari ITS Surabaya dan Mahasiswa Universitas Wiraraja.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan karagenan/serat rumput laut di desa tonduk dan guwa-guwa sebesar 85-95% dengan usia 45-60 hari.

Pak Hendry selaku peneliti dari ITS mengungkapkan betapa terkejutnya dengan kualitas yang ada, padahal selama ini diketahui tidak bagus.

“Sungguh luar biasa, dan ini tidak bisa disepelekan. Harusnya pemerintah memperhatikan potensi yang sangat bagus ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kualitas yang ada ini sepatutnya masyarakat sudah mampu meningkatkan taraf hidupnya melalui budidaya rumput laut.

Sementara kades Gua-gua H. Sakrani mengaku bahagia dengan kualitas rumput laut yang ada di desanya.

“Ya bangga lah mz ,apalagi memang selama ini masyarakat bertumpu pada budidaya rumput laut sebagai mata pencaharian mereka,” terangnya.

Hal senada juga di utarakan oleh kades tonduk Hj. Sri Hajati.

“Luar biasa, dan dengan penelitian ini kami bisa tahu kualitasnya,” ucapnya.

Suryadi selaku tokoh pemuda yang ikut mengawal proyek penelitian tersebut mengaku bangga dan akan ikut mencari jalan agar ada pihak yang mau berinvestasi.

“Kualitas sudah bagus, apalagi? Jadi kedepan saya bersama tim peneliti akan mencoba mencari pasar yang tepat untuk petani, sehingga mereka bisa sejahtera dengan adanya rumput laut,” tuturnya.

Dirinya juga berharap, pemerintah dapat segera menangkap potensi ini dengan baik sehingga terasa kalau di sumenep pemerintahnya berkerja dengan baik.

“Ya semoga pemerintah tanggap dan mereka bisa bekerja cepat dengan adanya potensi ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *