Terkait Lahan PT CA, Nasir Djamil Dukung Langkah Bupati Abdya

oleh -47 views
Salam Kompak Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH saat menyabut anggota DPR RI M. Nasir Djamil didampingi mantan DPR RI Muslim Ayub dan rombongan di AW kupi jln. Iskandar Muda Glp. Payong Blangpidie.

ABDYA, Senin (8/6/2020) suaraindoesia-news.com – Terkait sengketa tanah antara warga lokal dengan HGU PT. Cemerlang Abadi (CA), Anggota Komisi III DPR RI yang membidangi Hukum, HAM dan Keamanan, Perwakilan Dapil Aceh II, H. Muhammad Nasir Djamil disela-sela “Coffe morning” dan silahturrahmi bersama Forkompikab di AW kupi jln. Iskandar Muda Glp. Payong Blangpidie mengatakan, mendukung langkah bupati Abdya.

“Jadi komisi hukum DPR RI memberikan dukungan sepenuhnya kepada bupati Abdya Akmal Ibrahim, terkait rencana bupati ingin membagikan lahan eks HGU PT. CA karena ada kekosongan hukum,” kata Nasir Djamil.

Kemudian, kata dia, inisiatif dari pada bupati ingin membagikan lahan seluas 7.516 hektar yang berlokasi di desa Cot Seumantok kecamatan Babahrot kepada rakyat itu merupakan kebijakan bupati juga keputusan presiden.

“Jadi ada dasar hukumnya dengan apapun keputusan mahkamah agung terkait eks HGU CA itu tidak mempergaruhi kebijakan bupati ingin membagikan lahan kepada rakyat oleh karena itu saya berharap agar bupati bisa bergerak cepat mengkomunikasikan hal itu kepada Forkompikab Abdya ini,” sebut Nasir Djamil.

Ditegaskannya, pihaknya juga menginginkan, permasalahan itu cepat dieksekusi karena lahan tersebut mempunyai kemanpaatan.

“Kalau lahan itu kosong nanti banyak hantu disitu, jadi tujuan bupati Abdya ingin mengusir hantu, sehingga tidak menangkuti lagi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dijelakan Nasir, ini bagian dari hukum juga hukum itu disamping punyak kepastian juga punyak kemanfaatan dan keadilan, soal kepastian hukumnya sedang diuji di Mahkamah Agung meskin pun kalau turun kebijakan itu tidak mempergaruhi kebijakan bupati tersebut.

“Nah disamping kepastian, kemanfaatan ada keadilan disitulah kebijakan bupati masuk untuk memberikan lahan itu kepada masyarakat sehingga masyarakat yang membutuhkan itu, bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk kebutuhan hari-hari ketika masyarakat sudah mengelokan atau garab lahan itu,maka nanti hantunya akan hilang,” tutur Nasir.

Penijauan kedaerah ini, kata Nasir Djamil, dalam rangka agenda reses dan ingin melihat lokasi Barsela apalagi disurin direcanakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Kita berharap karena lahannya sudah tersedia nanti akan kita dorong karena di DPR itu kan ada tim Otsus nantik dalam rapat dengan kementerian, kita akan dorong supaya program KEK halal Barsela juga bisa mendapat perhatian serius dari pemerintah disamping KEK Arun yang ada di kota Lhokseumawe Aceh Utara,” tukasnya.

Pantauan awak media, acara “Coffe morning” dan silahturrahmi Politisi PKS tersebut M.Nasir Djamil didampingi mantan anggota DPR RI Muslim Ayub dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, di AW kupi jln. Iskandar Muda Glp. Payong Blangpidie.

Hadir juga dalam acara tersebut, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Kapolres AKBP Muhammad Nasution, Sik, Kajari Abdya Nilawati, SH, MH, Dandim 0110 Abdya letkol Czi M Ridha Has, ST. MT, Ketua PN Blangpidie Zulkarnaian, SH, MH dan Kabag umum setdakab Alman Safriadi, Kabag humas Mawardi serta pejabat lainnya.

Kemudian, M.Nasir Dajamil beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Daerah Subulusalam yang dikawal langsung dari PJR Polda Aceh dan Satlantas Polres Abdya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *