Terapkan Inovasi Resep Dokter, 30 Menit Membuat KTP Selesai

oleh -58 views
Foto : Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto, yang kaya inovasi dan ide dalam meningkatkan dan memberikan pelayanan prima pada masyarakat Sampang, dalam pembuatan dokumen kependudukan. Sehingga masyarakat merasa puas dan senang. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Rabu (27/1/2021) suaraindonesia-news.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang Edi Subinto, dalam meningkatkan dan mempermudah pelayanan pada masyarakat selalu mengeluarkan inovasi baru untuk memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Salah satunya Resep Dokter (Reaksi Cepat Dokumen Terselesaikan, red).

Dengan inovasi Resep Dokter, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik 30 menit selesai dan masyarakat sudah memiiki KTP. Sementara untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akte Kematian, Surat Keterangan Pindah dan Masuk, membutuhkan waktu 30 menit lebih.

“Resep Dokter merupakan inovasi baru yang saya terapkan di Dispendukcapil Sampang untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Dengan Resep Dokter masyarakat merasakan kecepatan pelayanan dokumen kependudukan, 30 menit pembuatan KTP selesai,” terang Kadispendukcapil, Edi Subinto, saat ditemui suaraindonesia-news.com, diruang kerjanya.

Dijelaskannya, untuk pembuatan KTP bagi pemula terselesaikan 200 KTP per hari. Untuk Kartu Keluarga (KK) sebanyak 450 KK per hari, Akta Kelahiran 250 Akta per hari. Ditambah pembuatan surat keterangan pindah ke luar Sampang atau surat keterangan masuk jadi warga Sampang dan Akta kematian, dokumen yang terselesaikan sebanyak 1500 per hari.

“Kerja ini dengan keterbatasan mesin pencetak yang dimiliki Duspensukcapil, yaitu mesin pencetak KTP ada 3 mesin, mesin cetak Akta Kelahiran dan KK ada 2 mesin. Namun, kami berusaha keras memberikan pelayanan prima dan memuaskan pada masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan,” ungkapnya.

Terakhir Edi menegaskan, walaupun dengan keterbatasan mesin pencetak tapi dengan inovasi kerja untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat, mampu menyelesaikan dokumen kependudukan sebanyak 1500 per hari. Akumulasi dokumen kependudukan seperti, pembuatan KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan surat keterangan pindah keluar Sampang dan surat keterangan masuk/jadi warga Sampang.

Sekedar diketahui, masih banyak inovasi baru yang akan diluncurkan oleh Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto, seperti Karpet Merah dan Balada Cinta. Karpet Merah artinya, Kartu Tanda Penduduk 17 Tahun Menerima Dirumah atau Disekolah (Karpet Merah). Balada cinta artinya, Bayi Lahir Langsung Diproses Akte dan KIA (Balada Cinta).

Namun, dua inovasi baru ini masih belum di ekspos ke media, karena masih menunggu proses pembuatan video dan foto beberapa orang siswa yang berusia 17 tahun dan menerima KTP serta piagam penghargaan dari Bupati Sampang dengan ucapan “Selamat Saudara Telah Memasuki Usia 17 Tahun Semoga Menjadi Anak Yang Berguna Bagi Agama, Nusa Bangsa, Negara dan Orang Tua”.

Reporter : Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *