Terapi Murah Dengan Gigitan Ikan ‘Dokter’ Garra Rufa

LUMAJANG, Selasa (27/8/2019) suaraindonesia-news.com – Kesehatan itu tidak harus mahal, ini terbukti dengan adanya terapi kesehatan alami, yaitu terapi ikan (fish spa). Yang sekarang sudah hadir di Puslit Sukosari Park, Desa Kalidilem, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jatim.

Menurut Afu, warga sekitar, ini adalah satu dari sekian banyak inovasi di dalam dunia medis.

“Terapi ikan ini dilakukan dengan cara mencelupkan kedua kaki ke dalam kolam khusus yang didiami oleh ratusan ekor ikan kecil bernama Garra Rufa atau biasa dijuluki sebagai ‘ikan dokter’, untuk kemudian ikan-ikan tersebut secara bergerombol akan ‘menyerbu’ dan menggigiti kulit kaki,” ujarnya, saat mengantar seorang pengusaha property mencoba terapi ikan.

Dijelaskan Afu, kalau aktivitas ikan garra rufa ini dengan menggigiti kaki inilah, yang lantas dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan.

“Salah satu manfaat terapi ikan ini adalah bisa menghilangkan sel kulit mati,” jelas pemuda pengelola lokasi wisata edukasi tersebut.

Diambil dari berbagai sumber, bahwa manfaat atau khasiat terapi ikan yang paling utama yakni menghilangkan sel-sel kulit yang sudah mati, khususnya yang berada di area kaki.

“Ya, ternyata yang digigiti oleh si ‘ikan dokter’ ini adalah sisa-sisa sel kulit mati yang belum mengelupas dari kulit. Jadi, kalau dlakukan terapi ikan ini secara rutin, maka kaki akan terlihat bersih dan sehat,” katanya lagi.

Selain itu, kata Afu, manfaat terapi ini adalah untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Sebab dengan gigitan ikan Garra Rufa pada kulit kaki, ini bermanfaat untuk mencabut sel kulit mati, sekaligus merangsang tumbuhnya sel kulit yang baru. Karena faktanya, saliva dari si Rarra Rufa ini diklaim memiliki kandungan enzim yang bernama dithranol. Dithranol inilah yang lantas menghasilkan manfaat terapi ikan untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

“Ternyata juga bisa menghilangkan bakteri, yaitu kaki merupakan area tubuh yang juga menjadi sarang bakteri. Bakteri-bakteri ini lantas menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan, termasuk bau kaki dan gatal pada kaki,” bebernya.

Terapi ini juga bisa mengatasi stres, yaitu kondisi yang pasti pernah dialami setiap orang. Rutinitas dan sejumlah faktor lainnya memegang peranan penting dalam menghasilkan perasaan stres tersebut. Stres tentu bukanlah kondisi yang kita inginkan karena selain mengganggu produktivitas, stres menjadi ‘gerbang’ bagi masuknya pelbagai penyakit.

“Oleh sebab itu, jangan sampai kita stres berlarut-larut. Dan salah satu cara mengatasi stres adalah dengan melakukan terapi ikan. Ya, khasiat terapi ikan yang satu ini dikarenakan gigitan ‘ikan dokter’ tersebut memicu terjadinya peningkatan sekresi hormon endorfin. Dengan diproduksi dan dilepaskannya endorfin ini, lantas memberikan efek bahagia sehingga stres pun otomatis hilang,” tambah pemuda berkaca mata ini.

Selain mengatasi stres, manfaat terapi ikan lainnya yang masih berkaitan, kata Afu yakni untuk memberikan perasaan rileks pada diri kita. Rutinitas selama seminggu tentunya membuat tubuh terasa lelah dan tak jarang diiringi dengan rasa nyeri pada otot.

“Melakukan terapi ikan di akhir pekan bisa menjadi solusi tepat untuk melepas penat dan lelah yang dialami setelah beraktivitas pada hari-hari kerja,” imbuhnya.

Manfaat terapi ikan bagi kesehatan yang juga tak kalah penting adalah, untuk merawat dan memperlancar aliran atau sirkulasi darah di dalam tubuh. Gigitan ikan Garra Rufa diklaim dapat melebarkan pembuluh darah—terutama di area kaki—sehingga darah pun dapat mengalir dengan lancar.

Aliran atau sirkulasi darah yang lancar menjadi sangat penting, mengingat darah memiliki fungsi vital di dalam tubuh, yakni mengantarkan oksigen dan nutrisi demi menunjang fungsi organ-organ tubuh.

“Kaki yang terasa gatal tentu saja membuat tidak nyaman, guna mengatasi hal ini, salah satu alternatif pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan terapi ikan,” ungkapnya.

Jadi manfaat terapi ikan untuk mengatasi gatal ini lantas juga diiringi dengan khasiat terapi ikan lainnya, yakni menghaluskan kulit kaki, pun menghilangkan bitnik-bintik kehitaman pada kaki. Dengan catatan, melakukannya secara rutin, setidaknya satu kali dalam seminggu.

“Selain gatal-gatal, kaki juga rentan mengalami masalah kulit lainnya seperti panu, kudis, hingga munculnya kutil,” terangnya lagi.

Mencegah timbulnya masalah-masalah kulit sebagaimana disebutkan di atas adalah salah satu khasiat terapi ikan yang diklaim efektif. Gigitan ‘ikan dokter’ disinyalir mampu menghambat pertumbuhan jamur (fungi) yang menjadi penyebab panu, kutil, dan masalah kulit lainnya yang diakibatkan oleh jamur.

Guna memeperoleh manfaat ikan terapi yang satu ini secara maksimal, lakukan terapi ikan setidaknya satu kali dalam seminggu.

Mochammad, seorang pengusaha property ini sangat senang dengan terapi ikan ini. Dirinya sangat bangga di aesanya ada tempat untuk terapi yang murah.

“Semoga ini bisa diikuti oleh warga lainnya. Sebab menurut saya kesehatan itu sangat mahal, dengan terapi ini mungkin bisa diawali sebagai alternatif,” ucapnya kepada media ini, kemarin siang.

Hal yang sama juga disampaikan Atiek, yang ikut mencoba terapi ikan ini.

“Awalnya sih agak-agak geli, namun selanjutnya terasa enak di badan. Terasa ringan tanpa beban, dan ini layak diulangi lagi,” pungkasnya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here