Tepis Isu Bahaya Daging Sapi Ditengah Wabah PMK, Polres Probolinggo Gelar Festival Kuliner Rawon

oleh -177 views
Foto : Kuliner Rawon, tepis isu bahaya daging sapi ditengah wabah PMK

PROBOLINGGO, Selasa (5/7/2022) suaraindonesia-news.com – Dampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan sapi sangat dikeluhkan oleh para pedagang daging sapi di Probolinggo. Pasalnya dengan adanya wabah PMK tersebut masyarakat takut untuk mengonsumsi daging sapi, sehingga omzet penjualan daging sapi menurun drastis.

Keluhan para pedagang daging sapi tersebut mendapat perhatian khusus dari Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Sebelumnya diberitakan, saat dilakukan pengecekan di Pasar Dringu pada Senin (4/7/2022) kemarin, dua pedagang daging sapi atas nama Ernawati dan Sugiarto mengeluh karena omzet dagangan mereka turun hingga 50-70%, hal itu dikarenakan masyarakat takut mengonsumsi daging sapi semenjak adanya wabah PMK.

Menanggapi hal itu, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengambil langkah dengan rencana mengadakan ‘Festival Kuliner Rawon Khas Probolinggo’ sebanyak 5000 porsi gratis bagi masyarakat yang akan digelar di Lapangan alun-alun Kraksaan pada Rabu (6/7/2022) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan tersebut selain memperingati Hari Bhayangkara ke-76, Festival kuliner rawon ini bertujuan untuk menepis isu bahaya daging sapi ditengah wabah PMK. Selain itu, juga untuk mengajak masyarakat agar tidak takut mengonsumsi daging sapi asal dilakukan pengolahan dengan benar.

“Daging sapi dapat dikonsumsi setelah dilakukan pengolahan dengan benar dengan cara mencuci daging hingga bersih, kemudian merebusnya sekitar 30 menit dengan suhu minimal 70 derajat celcius,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Selasa (5/7/2022).

Diharapkan dengan diadakannya festival kuliner rawon ini, dapat membuat masyarakat kembali mengkonsumsi daging sapi seperti sedia kala.

“Bila daya beli dan daya jual daging sapi kembali seperti semula kita yakin pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Probolinggo dapat meningkat meski ditengah wabah PMK,” pungkas AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Publisher