Tempat Kerja Sehat, Lakukan PHBS Disitu

Saat Pertemuan PHBS

LUMAJANG, Selasa (13/7/2019) suaraindonesia-news.com – Lingkungan tempat kerja yang sehat akan membuat para karyawan/pegawai merasa nyaman, sehingga dapat lebih produktif. Oleh karena itu, kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja wajib dimulai dari unit terkecil yang ada dilingkungan tempat kerja itu sendiri.

Pembinaan PHBS di tempat kerja ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo, pelaksanaannya atas dasar aturan Kepmenkes Nomor 1114/Menkes/SK/X/2004 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Daerah serta Kepmenkes Nomor 1405/Menkes/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri.

“Dengan mempertimbangkan berbagai hal tersebut serta guna memotivasi dan memberikan penghargaan kepada seluruh OPD di Kabupaten Lumajang, maka kami selenggarakan Pertemuan Advokasi Lintas Sektor/Lintas Program dalam Mengembangkan dan Mengimplementasikan PHBS dengan topik utama berupa persiapan seleksi perkantoran sehat dalam upaya monev PHBS tempat kerja tingkat kabupaten tahun 2019,” terang dr Bayu saat ditemui sejumlah media tadi siang.

Pembangunan kesehatan, kata dr Bayu, telah menjadi bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional, yang bertujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu di masyarakat guna mendukung perwujudan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“PHBS merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh setiap individu/keluarga/kelompok, dimulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali,” ungkapnya kembali.

PHBS dijelaskan dr Bayu, adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan individu/keluarga/kelompok, dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat.

“Jadi penerapan PHBS di lingkungan tempat kerja merupakan salah satu upaya strategis untuk menggerakan dan memberdayaan para karyawan/pegawai untuk hidup bersih dan sehat,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Kesmas Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Rosyidah, mengutarakan bahwa pembinaan PHBS ditempat kerja bertujuan untuk mengembangkan dan mendorong setiap karyawan/pegawai untuk menerapkan PHBS di tempat kerja termasuk mengupayakan lingkungan tempat kerja yang sehat, sehingga karyawan/pegawai dapat bekerja dengan tubuh sehat. Bekerja dengan tubuh yang sehat merupakan hal yang diinginkan dan menjadi hak asasi setiap karyawan/pegawai.

“Karena itulah menjadi kewajiban semua pihak untuk ikut memelihara, menjaga dan mempertahankan kesehatan setiap karyawan/pegawai agar tetap sehatdan produktif dengan melaksanakan pembinaan PHBS di lingkungan tempat kerja,” ujarnya.

Inti dari kegiatan ini, menurut dr Rosyidah, bertujuan agar terinformasikannya ketentuan pelaksanaan seleksi perkantoran sehat tahun 2019. Yang secara khusus dapat mengetahui hasil kunjungan verifikasi PHBS perkantoran pada 3 OPD di Kabupaten Lumajang yang ditinjau sebagai upaya, sebagai upaya persiapan penilaian Kabupaten Sehat Tahun 2019.

“Juga untuk mengetahui ketentuan penilaian seleksi perkantoran sehat tahun 2019 serta memotivasi peserta untuk proaktif dalam pelaksanaan seleksi perkantoran sehat tahun 2019,” pungkasnya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here