Tembakau Menjadi Tanaman Komoditi Masyarakat Pamekasan

Salah satu petani tembakau saat menunjukkan tanaman tembakaunya

PAMEKASAN, Kamis (21/06/2018) suaraindonesia-news.com – Para petani di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tembakau merupakan tanaman yang masih selalu menjadi komoditas andalan, pasalnya masih banyak yang beranggapan daun tembakau merupakan daun emas.

Hal itu dikatakan Sadrimin (50) tahun diwakili Musfikurrahman petani asal Dusun Solo, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan yang mengatakan tembakau kalau saat panen dan tidak ada kendala, hasilnya lebih besar dari menanam tanaman yang lain.

“Hasil dari bertani tembakau itu besar kalau tidak ada kendala,” katanya yang dampingi istrinya saat menyiram disiang hari kamis 21 juni 2018 jam 07.00.saat siram tanaman tembakaunya.

menanam tembakau sudah merupakan warisan nenek moyang masyarakat Madura khususnya Pamekasan dalam setiap musim kemarau.

Pemerintah sudah menghimbau kepada petani agar mencari alternatif lain selain tembakau, tapi himbauan tersebut kurang mendapat respon, mereka beranggapan menanam tembakau tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil.

“Memang berat bertani tembakau, tapi hasilnya bisa berlipat-lipat dibanding menanam tanaman lainnya, coba saja dilihat kalau tanam tebu, kita harus menunggu setahun untuk menikmati hasilnya,” kata Musfikurrahman.

Reoorter : May/Ita
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here